Media Platform Baru Sulawesi Barat

Perkuat Peran Posyandu, Promkes Dnkes Sulbar Lakukan Pembinaan Pokjanal Posyandu Berjenjang di Mamasa

0 37

TELEGRAPH.ID, MAMASA – Perkuat peran posyandu, promkes dinkes sulbar laksanakan pembinaan pokjanal posyandu berjenjang di kabupaten mamasa

Salah satu unsur yang paling vital dalam upaya pencegahan stunting adalah posyandu dimana posyandu saat ini diharapkan segera bertransformasi melayani seluruh siklus kehidupan melalui konsep integrasi layanan primer.

Salah satu upaya merevitalisasi peran posyandu adalah dengan memperkuat kelembagaannya melalui kelompok kerja operasional (Pokjanal) secara berjenjeng, peran pokjanal diharapkan menjadi wadah peningkatan pembinaan, koordinasi, advokasi dan fasilitasi terkait fungsi dan kinerja posyandu itu sendiri.

Sebagai upaya mendorong hal tersebut dinas kesehatan daerah sulawesi barat melaksanakan pembinaan pokjanal posyandu secara berjenjang di kabupaten mamasa Jumat 16 Februari 2024. Kegiatan ini mengundang lintas sektoral sebagai peserta seperti para camat, kepala desa, dinas PMD kabupaten, dan juga perwakilan oetugas puskesmas.

hadir dalam acara PJ ketua PKK kabupaten mamasa ibu Dr. Asriaty Zain memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya beliau mengharapkan agar pokjanal posyandu di kabupaten mamasa bisa bekerja secara optimal kalau belum terbentuk segera dibentuk kembali, kalau sudah terbentuk segera melaksanakan tugas dan fungsi sesuai yang diharapkan

Penanggungjawab kegiatan sekaligus menjadi narasumber, dr Muhammad Ihwan kepala bidang kesehatan masyarakat dinkes sulbar dalam penyampaiannya berharap agar kita selalu berupaya mengoptimalkan peran posyandu sebagai ujung tombak pelayanan di masyarakat, mari kita berupaya meningkatkan D/S (kunjungan posyandu) karna di posyandu kita bisa dengan segera mengidentifikasi masalah2 kesehatan seperti stunting, dan penyakit lain secepat mungkin serta mendapatkan banyak pelayanan utamanya kesehatan.

Turut hadir sebagai narasumber kepala Pemberdayaan masyarakat desa Sulawesi barat Yakob Solon, dalam pemaparannya beliau mengapresiasi langkah dinas kesehatan dalam melaksanakan kegiatan pembinaan pokjanal ini, beliau berpesan agar posyandu ini menjadi perhatian kita bersama utamanya kepada oara camat dan kepala desa agar serius dalam upaya-upaya revitalisasi posyandu.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.