Media Platform Baru Sulawesi Barat

Akselerasi Transformasi Digital Kesehatan: Dinkes Sulbar Gelar Bimtek Integrasi RME ke SATUSEHAT

0 47

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Dalam rangka menjalankan amanat Peraturan Menteri Kesehatan No 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis Elektronik (RME), Dinas Kesehatan Sulawesi Barat (Dinkes Sulbar) menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) integrasi RME ke SATUSEHAT. Acara ini dilaksanakan secara daring, dihadiri oleh dinas kesehatan kabupaten se-provinsi Sulawesi Barat dan puskesmas di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

Peraturan Menteri Kesehatan tersebut menegaskan bahwa seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan wajib menyelenggarakan Rekam Medis Elektronik sesuai ketentuan paling lambat pada tanggal 31 Desember 2023. Dengan terselenggaranya sistem RME, diharapkan manfaatnya dapat dirasakan secara luas oleh pasien dan fasilitas pelayanan kesehatan. Manfaat utama dari implementasi RME mencakup pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien, kegunaan sebagai alat bukti dalam proses penegakan hukum, serta berperan dalam disiplin kedokteran gigi, penegakan etika kedokteran, kebutuhan pendidikan, penelitian, pembiayaan kesehatan, dan juga sebagai sumber data statistik kesehatan.

Kegiatan bimtek ini menghadirkan 2 orang narsumber, yaitu Agus Budiono dari Yayasan Khanza Indonesia dan Madhur dari Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Barat. Kehadiran mereka memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih mendalam terkait integrasi RME ke dalam sistem SATUSEHAT dan dukungan pemerintah provinsi dalam pengembangan transformasi teknologi kesehatan di Sulawesi Barat.

Kadinkes Sulbar, Asran Masdy, dalam pernyataannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya nyata dalam mengakselerasi transformasi teknologi kesehatan di Provinsi Sulawesi Barat. Dinkes Sulbar berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi terkini, sehingga masyarakat dapat mendapatkan akses kesehatan yang lebih baik dan berkualitas.

Kegiatan bimtek ini diharapkan akan menjadi landasan yang kokoh bagi penerapan RME di seluruh wilayah Sulawesi Barat, sehingga terwujudnya sistem pelayanan kesehatan yang efisien, terjangkau, dan berkualitas dapat diwujudkan.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.