Media Platform Baru Sulawesi Barat

Fatayat NU Sulbar Gelar Festival Daiah, Usung Tema Peran Perempuan dalam Penanganan Masalah 4+1

0 59

TELEGRAPH.DI, MAMUJU – Pengurus Wilayah Fatayat NU Sulawesi Barat menggelar festival daiah di Atrium Mall Maleo Town Square, Jl Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Mamuju, Selasa (19/12/2023).

Festival daiah tersebut diikuti 10 peserta. Kegiatan ini dalam rangka peringatan hari ibu ke-95 tahun.

Lomba atau festival daiah tersebut mengangkat tema “Peran Perempuan dalam Penanganan Masalah 4+1 di Provinsi Sulawesi Barat”.

Masalah 4+1 yang dimaksud yakni kemiskinan ekstrem, stunting, pernikahan dini, anak putus sekolah, dan pengendalian stunting.

Ketua Fatayat NU Sulbar Imelda Adhiyanti mengatakan, peringatan hari ibu tidak hanya melihat peran-peran dasar seorang ibu. Tapi bagaimana menggaungkan bahwa peran-peran ibu tidak hanya domestik.

“Tapi ibu itu untuk keluarga, lingkungan, untuk bangsa dan negara, jadi kalau bicara ini seorang ibu harus keluar dari wilayah domestiknya dengan melihat bahwa banyak persoalan-persoalan di luar,” kata Imelda kepada media ini di Atrium Mall Matos Mamuju, sore tadi.

Imelda menjelaskan, permasalah 4+1 di Sulbar membutuhkan peran-peran perempuan atau seorang ibu.

“Dan Fatayat NU hadir untuk mengawal atau mengadvokasi setiap persoalan-persoalan ini, dengan model atau apa yang bisa kita lakukan masing-masing sesuai dengan profesi, misalnya daiah membuat konten ceramah tentang masalah 4+1  seperti yang kita lombakan hari ini,” tutur Imelda.

Karena ini, Imelda berharap melalui kegiatan ini lahir lagi talent-talent atau para daiah yang bisa membantu kita mendesiminasikan atau mensosialisasikan bagaimana solusi masalah 4+1 di Sulbar ini,” tuturnya.

Diketahui, pada festival daiah tersebut para juri telah menetapkan tiga juara, Juara 1 Anggi Fahra Ayu, Juara 2 Sitti Zahra, dan Juara 3 Lutfiyah.

Imelda berterima kasih kepada semua panitia dan peserta yang berpartisipasi dalam festival daiah tersebut. Menurutnya jika sudah tampil, merupakan hal yang sangat luar biasa.

“Semoga yang kita lakukan ini mendatangkan manfaat untuk kita semua dan terus semangat dalam mengembang dakwah,” pungkasnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.