Media Platform Baru Sulawesi Barat

Festival Sandeq 2023 Bergulir, 36 Perahu Sandeq Adu Kecepatan dari Pasangkayu ke Polman, Pj Gubernur Dukung Terus Berlanjut

0 141

TELEGRAPH.ID, PASANGKAYU – Pj Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh melepas peserta Festival Sandeq Sulbar 2023 di Kabupaten Pasangkayu, Minggu (23/9/2023).

Pelaksanaan Festival Sandeq tahun ini juga dirangkaikan dengan Hari Jadi Sulbar ke 19 Tahun dengan mengambil rute dari Pasangkayu 24 September dan target finish 02 Oktober di Polman.

Ini adalah kali pertama Festival Sandeq Race mengambil rute dari Pasangkayu ke Polman, biasanya Festival Sandeq star dari Polman finish di Pantai Mamuju.

Festival Sandeq 2023 akan berlangsung sepekan. 36 perahu akan adu kecepatan di atas perairan Sulbar dari Pasangkayu menuju Polman dengan melewati beberapa etape atau persinggahan.

Etape pertama berangkat dari Pasangkayu menuju Bambang Loka, lanjut ke Budong-Budong, Kabupaten Mamuju tengah. Lalu lanjut dari Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah menuju Papalang, Kabupaten Mamuju.

Dari Papalang dilanjutkan ke pantai Arteri, Kabupaten Mamuju. Dari dari Pantai Mamuju menuju ke Deking, setelah itu ke pantai Sendana Majene. Dari pantai Majene finish di Pantai Bahari Polman.

Pj Gubernur Sulbar, Prof.Zudan Arif Fakrulloh berterima kasih dan mengapresiasi kolaborasi antar semua bupati. Melalui festival Sandeq tergambar kekompakan antar pemerintah daerah.

“Sulbar ini seperti sandeq: tangguh, ulek, sabar, berserah diri pada tuhan tapi tidak kehabisan akal untuk selalu inovatif,” ujar Zudan pada pembukaan secara resmi Festival Sandeq Sulbar 2023.

Sestama BNPP ini berkomitmen akan mendukung Festival Sandeq sebagai event pariwisata Sulbar.

“Tahun depan diadakan lagi, tolong teman teman OPD anggarkan di 2024. Kalau dukungan kami masih kurang, tahun depan kami dukung, dan kami mendorong agar branding Sulbar semakin lama semakin bagus,”ungkapnya.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, mengatakan Polewali Mandar selaku penyelenggara berterima kasih kepada Bupati dan seluruh masyarakat Pasangkayu menyambut dan mendukung passandeq saat tiba di Pasang kayu serta ribuan penonton yang hadir.

“Ini semakin mempererat persaudaraan dan persatuan kita para Bupati di Sulbar. Ini warisan budaya wajib kali lestarikan terus,” ucap Ibrahim.

Dia juga berharap kedepan pemerintah provinsi dapat memberikan perhatian untuk pelestarian sandeq.

“Peningkatan peserta sandeq, kemarin hanya 23 sekarang ini 36 sandeq. Saya harap kedepannya gubenrur bisa mendorong peningkatan sandeq. Untuk membuat satu sandeq menggunakan biaya sekitar 100 juta,”ungkapnya.

Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Polman dalam memprakarsai Festival Sandeq dan telah mempercayakan Pasangkayu sebagai titik Star Festival Sandeq Sulbar 2023

“Terima kasih atas kepercayaannya menempatkan pelepasan Sandeq di Pasangkayu, jadi sandeq berangkat dari Suremana ke Paku,”ujar Yaumil (*/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.