Media Platform Baru Sulawesi Barat

Gubernur Janji Selesaikan Pembangunan Irigasi di Durianguni Pasangkayu Tahun Ini

0 22

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, tinjau proyek pembangunan irigasi di Dusun Durianguni, Desa Kasoloang, Kabupaten Pasangkayu, yang sempat mandek.

Gubernur Sulbar didampingi Bupati Pasangkayu, Yaumi Ambo Djiwa. Peninjauan itu dilakukan disela-sela kunjungannya ke Pasangkayu, Kamis (6/5/2021).

“Pembangunan Irigasi di Desa Kasoloang ini akan kita lanjutkan dan targetkan diselesaikan tahun ini,”kata Ali Baal Masdar.

Irigasi tersebut dibangun sepanjang 200 meter lebih. Akan mengairi 3.000 hektar persawahan di Kabupaten Pasangkayu.

Dikatakan, sebagian irigasi tersebut sudah dimanfaatkan para petani dalam bercocok tanam.

“Kita berharap pembangunan irigasi ini berjalan dengan lancar, sehingga dapat difungsikan untuk mengairi seluruh persawan masyarakat yang dilalui,”ujarnya.

Dengan dibangunnya irigasi tersebut, lanjut Ali, dapat meningkatkan produktifitas petani di masa pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhir.

Ali Baal juga mengungkapkan, irigasi ini sebelumnya sudah dikerjakan oleh Pemrov Sulbar sebelum masa kepemimpinannya. Namun terhenti disebabkan adanya kendala di lapangan.

“Jalur angkutan material harus melalui lokasi masyarakat, sehingga mendapat kendala karena masyarakat meminta lokasi itu dibebaskan,”tuturnya.

Ali mengaku, Pemprov Sulbar siap membayar, tapi masih dikomunikasikan soal harga.

“Harga yang diberikan masyarakat itu terlalu mahal, sehingga akan dikaji lebih lanjut,”sambung Ali Baal

Dia pun berjanji segera menuntaskan pembangunan irigasi tersebut selama menjabat gubernur Sulbar.

“Tinggal beberapa meter yang belum selesai dan jika itu sudah selesai maka kita bisa menambah lagi persawahan yang dapat diairi sekitar 100 hektar lagi,”tambahnya

Kunjungan gubernur ke Pasangkayu dalam rangka beberapa agenda, diantaranya memantau infrastruktur jalan, pemberian dana hibah keagamaan, silaturrahmi.

“Sekaligus safari ramadan dan dilanjutkan sholat tarwih berjamaah bersama jajaran Pemkab dan masyarakat Pasangkayu,”pungkasnya.

Terakhir, Ali Baal, meninjau pembangunan Puskesmas Bambalamotu.(rls/adv).

Leave A Reply

Your email address will not be published.