Media Platform Baru Sulawesi Barat

Hatta Kainang Dorong Keterlibatan Masyarakat dalam Pengelolaan Pertambangan

0 16

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Anggota DPRD Sulbar Muh. Hatta Kainang akan mendorong Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Peran Masyarakat dalam Usaha Pertambangan.

Menurut Hatta, masyarakat penting dilibatkan dalam setiap eksplorasi tambang di wilayah Sulbar.

“Hal ini penting untuk mendudukkan posisi masyarakat ketika tambang masuk sehingga efek positif lebih banyak didapatkan,” ungkapnya, Jumat, 10 Mei 2024.

Menurut dia, para pelaku tambang saat ini sedang mengarahkan investasi ke Sulbar. Olehnya, kolaborasi bersama antara masyarakat dan pemerintah harus dilakukan.

Hatta menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh hanya jadi penonton di saat sumber daya alamnya dikelola oleh pengusaha.

“Pihak-pihak harus dilibatkan dalam proses ini sehingga keputusan pemerintah Provinsi Sulbar punya dampak positif bagi rakyat Sulbar,” imbuh Hatta Kainang.

Dirinya pun berharap Pj Gubernur serius memetakan potensi keuntungan daerah dari pengelolaan SDA Sulbar.

Hal ini sudah disampaikan Hatta saat rapat paripurna membahas LKPj Gubernur Sulbar beberapa waktu lalu.

Wakil ketua komisi IV itu membeberkan banyak SDA Sulbar yang dieksploitasi, seperti kandungan migas Selat Makassar, lelang mineral Galena di Polman, dan rencana lelang WIUP logam tanah jarang.

Terlebih lagi, adanya Kepmen ESDM No 101.K/MB.01/MEM.B/2022 tanggal 21 April tentang wilayah Pertambangan Sulbar, di mana wilayah Mamasa, Mamuju, dan Mamuju Tengah saat ini merupakan daerah cadangan persiapan lelang mineral Galena.

“Hal ini harus diseriusi, kita harus belajar dari daerah-daerah sebelumnya yang mengalami ini, seperti Sultra, Sulteng, dan Maluku Utara,” tegas Hatta Kainang.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.