Media Platform Baru Sulawesi Barat

Kakanwil Kemenag Sulbar Buka Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun di Majene

0 176

TELEGRAPH.ID, MAJENE – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan persiapan jamaah calon haji waiting list atau daftar tunggu Kabupaten Majene tahun 2024/2025, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulbar menggelar program penyuluhan manasik haji sepanjang tahun. Kegiatan ini bertempat di Masjid Ilaikal Masir Majene. Kamis, 21/09/2023

Sebanyak 136 orang jamaah calon haji yang masuk dalam daftar tunggu tahun 2024/2025 turut hadir dalam acara tersebut. Mereka antusias mengikuti program penyuluhan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai ibadah haji, persiapan, serta tata cara pelaksanaannya.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulbar, Syafrudin Baderung, turut hadir dan memberikan sambutan serta arahan kepada peserta sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Mengawali sambutannya, beliau menjelaskan bahwa haji adalah panggilan, panggilan untuk pengakuan kita sebagai Mahluk.

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ
Arab Latin: “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.

Artinya: “Ya Allah, aku memenuhi panggilan-Mu, Ya Allah aku memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, sesungguhnya pujian dan kenikmatan hanya milik-Mu, dan kerajaan hanyalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu”

Lebih lanjut Kakanwil menegaskan kepada seluruh calon jamaah agar Jangan takut berhaji, yang jelas jika ingin berhaji siapkan niat dan fokus kepada ibadah.

Kakanwil juga meyakinkan kepada para peserta agar lebih mempercayai kementerian agama dan pemerintah.

“Kita ini pemerintah, berupaya agar haji ini dikelolah dengan baik, tidak usa bercuriga dengan Kementerian Agama ataupun pemerintah” tandasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa haji itu, bukan masalah pulang pakai topi putih, tapi ketika pulang haji Hati kita tenang, hati kita jernih, hati kita bersih, dan menjadi contoh di masyarakat itulah haji yang mabrur”. Tutup Kakanwil

Program penyuluhan manasik haji sepanjang tahun ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama Provinsi Sulbar dalam memberikan dukungan penuh kepada jamaah calon haji agar mereka dapat menjalani ibadah haji dengan lancar dan berkesan. Dengan pemahaman yang mendalam mengenai haji, diharapkan jamaah calon haji akan lebih siap dan mampu menjalani ibadah tersebut dengan penuh kekhusyukan.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.