Media Platform Baru Sulawesi Barat

Netfid Gelar Kelas Pemilu Angkatan I, Begini Cara Daftarnya

0 55

TELEGRAPH.ID, JAKARTA– Network for Indonesian Democratic Society (NETFID) Indonesia bersama Sindikasi untuk Pemilu dan Demokrasi (SPD) dan Konstitusi dan Demokrasi Inisiatif (KoDe Inisiatif) menggelar Kelas Pemilu Angkatan I. Para pegiat pemilu didorong untuk segera mendaftarkan diri secara daring mulai 8 sampai 15 Juli 2022.

Kelas Pemilu merupakan kegiatan pelatihan atau workshop intensif dengan memadukan kuliah umum dan dialog interaktif antara narasumber (akademisi dan praktisi) dan peserta untuk mendiskusikan topik Pemilu dan Demokrasi.

Narasumber pada Kelas Pemilu ini sangat kredibel dan berpengalaman dalam dunia kepemiluan. Para narasumber tersebut diantaranya; Hasym Asy’ari, Ph. D. (Ketua KPU RI), Rahmat Bagja, SH., LL. M. (Ketua BAWASLU RI), Dahliah Umar, S. Ag, MA. (Ketua Netfid Indonesia), Ichal Supriadi (Sekretaris Jenderal Asia Democracy Network), Erik Kurniawan (Direktur Eksekutif Sindikasi Pemilu dan Demokrasi), Ihsan Maulana (Peneliti Konstitusi dan Demokrasi Inisiatif), Jeirry Sumampow (Koordinator Komite Pemilih Indonesia), Prianda Anatta (Direktur Eksekutif PT. CBS Indonesia), dan Aditya Perdana (Dosen FISIP UI).

Kelas Pemilu bakal diselenggarakan secara daring dengan menggunakan Zoom Meeting Conference pada 23 Juli sampai 13 Agustus 2022. Tahapan dalam Kelas Pemilu terdiri dari pendaftaran 8-15 Juli 2022, seleksi berkas 16-18 Juli 2022, administrasi, dan pengumuman calon peserta Kelas Pemilu 19 Juli 2022.

Selama kegiatan Peserta Kelas Pemilu akan mendapatkan Ilmu, Pengalaman Pembelajaran, Sertifikat, dan akses rekaman pembelajaran. Adapun materi yang akan didapat peserta diantarnya: nilai-nilai demokrasi dan pemilu bebas adil, sistem pemilu, pengantar administrasi dan hukum pemilu di indonesia, pemantauan dan pengawasan pemilu, pembiayaan partai dan dana kampanye pemilu, pengelolaan data dan informasi dalam pemilu, dan teknik menulis opini dan karya tulis ilmiah.

Cara Daftarnya

Kelas Pemilu ini berbeda dengan kegiatan sejenis yang telah dilakukan oleh lembaga penyelenggara pemilu dan pegiat pemilu lainnya. Kelas Pemilu digelar dengan waktu yang cukup panjang dengan materi yang praktis dan relevan dibutuhkan para pegiat pemilu di lapangan.

Proses pendaftaran dilakukan langsung secar daring dengan mengisi formulir melalui link berikut: bit.lypendaftarankelaspemilunetfidindonesia.

Bagi calon peserta yang membutuhkan informasi dapat menghubungi langsung penyelenggara Muh. Afit Khomsani (0821 3594 1773) atau Rima Agustini (0858 8334 7797), bisa juga melalui email: Indonesia.netfid@gmail.com.

Pada pendaftaran, peserta diharuskan membuat karya tulis populer berupa artikel dengan memilih salah satu topik di bawah ini:
Tata Kelola Pemilu di Indonesia,
Pemantauan Pengawasan dan Pemilu,
Pembiayaan Partai Politik dan Dana Kampanye
Tahapan Pemilu: Pemutakhiran Data Pemilih, Kampanye, dan Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Adapun ketentuan penulisan sebagai berikut:
Panjang Artikel sekitar 900-1200 kata (4-5 halaman A4, spasi 1,5, Times New Roman 12, Margin Normal) Susunan Artikel (panduan di https://bit.ly/templateartikelkelaspemilu)
Judul; Pendahuluan + Rumusan Masalah;
Badan/Isi; Kesimpulan + Penutup;
Daftar Bacaan/ Referensi.

Sebagai bahan bacaan dan rujukan dalam penulisan, kami merekomendasikan beberapa tulisan yang dapat diunggah di https://bit.ly/daftarbacaankelaspemilu
Peserta dari kalangan umum diwajibkan melakukan pembayaran Commitment Fee sebesar Rp 300.000/ Tiga Ratus Ribu Rupiah. Pembayaran melalui Bank Transfer ke rekening Bank Permata, nomor rekening 702594626 atas nama Perkumpulan Netfid Indonesia.

Sedangkan bagi Pengurus Netfid Provinsi dan Kota/Kabupaten, Anggota SPD, Anggota KoDe tidak dipungut biaya/gratis dengan syarat melampirkan scan Surat Keputusan (SK) Pengurus Provinsi atau Kota/Kabupaten yang mencantumkan nama calon peserta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.