Media Platform Baru Sulawesi Barat

Pansus Ranperda Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi Kunjungan Kerja ke PTSP Polman dan PT. KHBL

0 27

TELEGRAPH.ID, MAMUJU — Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Polewali Mandar, Senin (18/3/2024)

Kunjungan kerja dilakukan di dua titik, yakni Kantor Dinas PTSP dan Kantor PT Kecana Hijau Bina Lestari (KHBL) di Kabupaten Polewali Mandar.

Kunjungan kerja tersebut untuk mendapatkan masukan, saran dan informasi dalam rangka penyempurnaan pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Provinsi Sulawesi Barat, tentang pemberian insentif dan pemberian kemudahan kepada masyarakat dan investor.

Ketua Pansus H Syahrir Hamdani memimpin kunjungan kerja tersebut didampingi Anggota Pansus Darman Ardi, H Arief Daeng Mattemmu, Ir H Hamsah Sunuba, Ruslan dan Kasubag Perisalah Legislatif H.Sahrin Salatung serta Staff.

Dalam Kunjungan tersebut di diterima langsung oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kab.Polman, I Nengah Tri Sumadana,AP,M.Si dan Kepala Bidang Pendaftaran Perizinan dan Non Perizinan, Nabil Wijdan Al Hamdani.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Syahril Hamdani mengatakan kunjungan hari ini tidak lain menyampaikan ke dinas terkait untuk menelaah dan mencermati isi muatan Ranperda ini.

Untuk itu, pihaknya akan mengundang Kepala Dinas PTSP Kabupaten yang ada di Sulbar pada 26 Maret 2024 mendatang.

Menurutnya, rancangan peraturan daerah ini memberikan kemudahan bagi calon investor dan pengusaha yang akan menanamkan modalnya di daerah setempat’

“Hal ini tentu menjadi kemudahan dalam mengembangkan usaha serta melahirkan Perda yang berkualitas,” Ujarnya.

Lanjutnya, jika investor banyak masuk di wilayah Sulbar maka Pendapat Asli Daerah (PAD juga akan nampak.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendaftaran Perizinan dan Non Perizinan PTSP Polman Nabil menanggapi kunjungan DPRD Provinsi Sulbar ini patut didukung dalam me menyempurnakan perda yang dimaksud.

“Karena Perda ini sebenarnya sangat dinantikan bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, ini bisa menjadi daya tarik investor untuk masuk di daerah kita” Ujar Nabil.

Usai melaksanakan kegiatan Pansus di PTSP Kab.Polman,Syahrir Hamdani bersama Anggota Pansus lanjut mengunjungi Kantor PT. Kecana Hijau Bina Lestari (KHBL) yang bergerak dalam bidang Pabrik Getah Pinus di Kec. Binuang Kab.Polman.

Dalam kunjungan ini diterima langsung oleh Plant Manager PT.KHBL, I Putu Gede Semadiyasa dan Kabag Humas PT.KHBL, Zukip.

Pada Kunjungan tersebut tim Pansus membahas tentang PAD PT.KHBL kepada pemerintahan setempat, selain itu juga meninjau langsung proses kegiatan produksi Getah Pinus. Di ketahui produksi limbah KHBL ternyata diolah kembali dengan cara dibakar dan serbuk halusnya menjadi Batako.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.