Media Platform Baru Sulawesi Barat

PJ Gubernur Sulbar Siapkan Reward Rp 50 Juta untuk Peraih Medali Emas di MTQ Nasional

0 145

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Pj Gubernur Akmal Malik lepas 50 Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Sulbar untuk mengikuti MTQ Nasional ke- XXIX di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/10/2022).

Pelepasan berlangsung di kantor gubernur (eks rumah jabatan wakil gubernur) Jl Abd Malik Pattana Endeng, Simboro, Mamuju.

Akmal berharap, dengan peringkat Sulbar saat ini cukup memprihatinkan, karenanya Ia berharap ke depan pengurus MTQ dan LPTQ lebih kompak dalam menata MTQ di Sulbar.

“Kuncinya silaturahmi harus diperkuat. Artinya bangun komunikasi dengan pihak yang eksis di bidang MTQ,” ungkapnya.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah menghargai prestasi bagi peserta MTQ guna memotivasi peserta untuk terus berlatih.

Akmal mengaku dengan reward yang disiapkan Pemprov saat ini kurang memacu semangat kafilah.

Untuk itu, pada pelepasan MTQ Nasional Sulbar, Akmal Malik menyiapkan hadiah Rp 50 juta bagi peraih medali emas.

“Saya minta besok, tolong tingkatkan, biar semangat untuk berlomba. Saya Ingin Penghafal Alquran ini dihargai. Setelah ini (MTQ XXIX) kita akan tingkatkan MTQ, tidak ada pilihan. Masa iya peringkat terakhir terus. Karena itu saya kasi Rp 50 Juta. Satu emas Rp 50 Juta, Perak Rp 25 Juta, itu dari saya,” ungkapnya.

Masukan dari Akmal Malik itu merupakan bagian dari pengalaman Akmal saat membina MTQ di Sumatera Barat selama lima tahun.

Selama lima tahun ia berhasil mengangkat prestasi Sumatera Barat dari urutan ke 27 menjadi empat besar pada 2010.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Sulbar Muhammad Idris, menyampaikan persiapan MTQ Nasional dilakukan dengan mengikuti proses seleksi mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi.

Selain itu, nantinya akan melakukan training center tujuannya selain menambah kualifikasi juga menambah kompetensi yang dimiliki oleh para anggota kafilah.

“Kita berharap untuk kita harumkan Sulbar di level nasional MTQ, STQ, kita belum bisa memberikan sesuatu yang terbaik selama Sulbar. Sehingga diharapkan Sulbar (peserta MTQ Nasional) tidak pulang dengan tangan kosong,” ujar Idris.

Kabiro Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Saleh Rahim mengatakan, terdapat 27 kafilah putra dan 23 kafilah putri berasal dari enam kabupaten.

Mereka juara- juara MTQ provinsi yang sebelumnya digelar di Majene

“Besok mulai berangkat, diharapkan pelepasan hari ini dapat melahirkan juara dan membawa nama harum Sulbar di tingkat nasional,” ungkapnya. (adv/far)

Leave A Reply

Your email address will not be published.