Media Platform Baru Sulawesi Barat

Bekerjasama KPKNL, Biro Umum Pemprov Sulbar Akan Lelah Kendaraan Dinas Tak Bernilai Ekonomis

0 34

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Biro Umum Pemprov Sulbar akan melakukan lelang kendaraan dinas milik pemerintah Provinsi Sulawesi Barat. Rencananya akan dilaksanakan pada 25 April 2024 secara online.

Hal ini dilakukan Biro Umum Sekretariat Daerah dalam rangka optimalisasi pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) berupa kendaraan dinas (radis) milik pemerintah Provinsi Sulbar.

Biro Umum akan bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Mamuju dalam melakukan lelang kendaraan dinas.

Kepala Biro Umum, Anshar Malle mengatakan, lelang kendaraan tersebut menindaklanjuti arahan Pj Gubernur Sulawesi Barat , Prof Dr. Zudan Arif Fakrulloh dan Sekretaris Daerah Dr. Muhammad Idris, untuk melakukan penelusuran dan inventarisasi Barang Milik Daerah berupa kendaraan dinas yang sudah tak bernilai ekonomis lagi untuk dilakukan penjualan sehingga berkontribusi dalam meningkatkan penerimaan daerah.

Kata dia, beberapa tahapan telah dilalui sesuai yang diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2021 tentang tata cara pelaksanaan pembukuan, inventarisasi dan pelaporan Barang Milik Daerah (BMD) serta Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 38/PMK.06/2016 tentang tata cara pemusnahan Barang Milik Negara.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan leading sektor Aset Pemprov Sulbar, dalam hal ini Bidang Aset pada BPKPD terkait pelaksanaan penjualan kendaraan yang dimaksud.

Rencana lelang Kendaraan Roda 4 (empat sejumlah 13 unit dengan nilai limit RP 437.614.000, Kendaraan Roda 3 (tiga) satu 1 unit dengan nilai limit Rp 929.000 , dan kendaraan Roda 2 (dua) 20 unit dengan
nilai limit Rp 14.520.000.

Sehingga total nilai kendaraan yang akan dilelang sebesar Rp.453.063.000

“Bagi masyarakat yang berminat mengikuti lelang kendaraan ini bisa menggunakan aplikasi lelang Indonesia dengan cara Open Bidding atau mengunjungi link www. Portal lelang.go.id atau www.lelang.go.id karena pelaksanaan lelang dilaksanakan secara online,” kata Anshar Malle.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.