Media Platform Baru Sulawesi Barat

Besok, Beragam Masalah Nelayan Akan Dibahas di Forum Kenelayanan se Sulbar

0 426

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulbar akan menggelar forum kenelayanan se – Sulbar. Rencananya forum tersebut, akan mendorong sejumlah kebijakan yang berphak kepada nelayan.

Plh Bidang Perikanan Tangkap dan PRL DKP Sulbar Wawan Jurwanto mengatakan, pembahasan seputar sarana dan prasaranan penangkapan ikan, berikut rumusan masalah nelayan selama ini akan menjadi pembahasan dalam foroum yang bakal dihadiri sekitar 300 peserta itu.

“Kesiapan pelabuhan perikanan sebagai sentra kegiatan perikanan tangkap akan menjadi salah satu strong poin dalam pembahasan nanti,” tuturnya. Minggu (3/11/2019)

Wawan menegaskan, pembahasan dalam forum itu sesungguhnya untuk menangkap peluang Sulbar sebagai pintu gerbang ibu kota negara baru dengan tantangan nelayan di propinsi ke 33 ini mulai berkurang.

“Sesuai data. Nelayan Sulbar pada tahun 2017 tercatat 58.463 menurun di tahun 2018 jadi 32.156 nelayan. Rumah Tangga Perikanan (RTP) dari 14.001 menjadi 13.022.” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Sarjanan Perikanan Indonesia (ISPIKANI) DR Suyuti Marzuki mengaku dibuat heran dengan kian menurunnya nelayan di Sulbar, padahal potensi laut yang dimiliki sangat besar.

Menurutnya, Sulbar yang masuk dalam wilayah Alki II yang merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia jalur internasional. Melintasi Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores, Selat Lombok menjadi lintasan ikan – ikan besar.

“Potensi ikannya luar biasa itu. Itu berbeda dengan perairan lain. Sulbar ada selat dari segi ekosistim laut, itu sangat disukai oleh ikan – ikan dan ikannya besar – besar,” paparnya.

Suyuti bilang, salah satu kelemahan perikanan tangkap di Sulbar adalah belum adanya cara yang tepat dalam penangkapan ikan. Itu juga yang mengakibatkan kian menurunnya minat nelayan untuk melaut.

“Kita berupaya mendorong mekanisasnya,” ujarnya.

Forum kenelayanan se Sulbar rencananya akan digelar di Ball Room d’Maleo Hotel. Selasa 5 November 2019. Gubernur Sulbar  Ali Baal Masdar direncanakan akan menjadi keynote speaker.

Hadir sebagai Pemateri Sestama Bappenas/Ketua Umum ISPIKANI DR. Gellwyn Daniel Hamzah Jusuf, M.Sc. Dirjen Perikanan Tangkap KKP RI/Ketua Umum ISKINDO DR.M. ZULFICAR MOCHTAR, ST.,M.Si. Ir. H. Parman Parakkasi., M.Sc dan Wakil Ketua HNSI SulBar Drs. Naharuddin, M.Si.

(ILU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.