Media Platform Baru Sulawesi Barat

Direktorat PSMK Sosialisasi Program Penyelarasan Keahlian di SMK 5 Makassar

0 259

TELEGRAPH.ID, MAKASSAR – Direktorat Pembinaan SMK menggelar sosialisasi program penyelarasan keahlian (Dual System) di SMK Negeri 5 Makassar, Jalan Sunu. Makassar. Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para guru SMK Negeri 5 Makassar dan menghadirkan narasumber dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP)

Dr. Andi Mulyati dari LPMP mengatakan, tujuan dari program dual system ini adalah mencetak lulusan SMK yang memiliki kualitas kompetensi yang memadai yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Lanjut dikatakan, diantara program yang akan dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah menambah masa magang siswa atau PKL.

“Menjadi 10 bulan sampai 1 tahun sehingga siswa mendapatkan pengalaman praktik yang lebih lama dan diharapkan menjadi lebih terampil,” bebernya.

Program kedua dari Dual System ini adalah mencetak lulusan SMK yang memiliki sertifikasi kualifikasi level 3 dan mengadakan penyelarasan kurikulum dengan Politeknik yang memiliki jurusan yang sama.

“Sehingga siswa lulusan DITF dapat disetarakan kualifikasinya dengan lulusan Diploma 1,” ungkapnya.

Andi Mulyati melihat tantangan dan Kebutuhan industri begitu cepatnya berubah, sehingga SMK harus mengikuti ilmu pengetahuan dan perkembangan tidak boleh ketinggalan.

Ia menambahkan, sarana prasarana khusus alat praktek di SMK Negeri 5 ini berdasarkan informasi yang di terima oleh pihak sekolah, ada beberapa peralatan masih autobit, sehingga diharapkan ada bantuan dari direktorat Pembinaan SMK Jakarta.

“Supaya bisa memenuhi peningkatan kompetensi keahlian siswa di dukung oleh peralatan tercanggih agar dapat berkembang secara terus-menerus,” tutupnya

Tahun ini program Dual Sistem Direktorat PSMK di 220 SMK seluruh Indonesia. Untuk Sulawesi Selatan hanya SMK Negeri 5 Makassar sebagai percontohan.

(SILA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.