Media Platform Baru Sulawesi Barat

Dituding Klaim Kegiatan Diskusi Literasi, Hajrul Malik: Mohon Maaf Saya Salah Tulis

0 376

Telegraph.id, MAMUJU – Kegiatan dialog literasi dengan konsep Ngobrol Inspiratif (Ngopi) yang menghadirkan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, sebagai pembicara di Warkop Teras Mamuju, Senin (11/2/2019) dituding mendapatkan pengklaiman.

Tudingan pengklaiman tersebut, diduga dilakukan oleh pengurus Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Sulawesi Barat, Hajrul Malik, yang diunggah lewat akun facebooknya.

Postingan Hajrul Malik bereda di gruop whatsapp.

Dalam postingan yang tersebar di group-group whatsapp, mantan Sekertaris PKS Sulawesi Barat itu menulis, diskusi literasi itu digagas oleh Garbi Sulbar.

“Surprise lebih dari 100 pegiat literasi se-Sulawesi Barat berkumpul di sebuah kedai kopi sederhana “Teras Mamuju” untuk #ngopibareng sore ini (senin,11/2) yang digagas GARBI SULBAR” tulis Hajrul Malik, dalam postingan facebooknya yang turut disebar ke grup-grup whatsapp.

Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mamuju, Fausan Basir membantah bahwa kegiatan diskusi literasi itu bukan kegiatan yang digagasan Garbi Sulbar.

“Tidak benar dan sangat menyakitkan klaim sepihak tersebut. Kegiatan ini murni kegiatan yang digagas bersama penggiat literasi yang mulai kita konsep sejak seminggu lebih, setelah mendapat kepastian dari staf khusus Fahri Hamzah, jadi bukan kegiatan yang digagas Garbi Sulbar,” kata Fausan Basir.

Dialog literasi tersebut, kata dia, sudah sejak Januari lalu dikomunikasikan pihak Perpustakaan Mamuju melalui jejaring staf khusus Fahri Hamzah.

Setelah mendapat kepastian, Fahri Hamzah bisa mengisi kegiatan diluar agenda utama ke Sulawesi Barat, barulah kegiatan diskusi literasi tersebut mulai disiapkan

“Jadi tidak ada sedikitpun tenaga maupun sepersenpun dana yang kami terima dari pihak manapun termasuk Garbi Sulbar untuk kegiatan ini. Semua merupakan swadaya bersama para pegiat literasi, dari persiapan hingga selesainya kegiatan dan kami sangat terpukul dengan klaim sepihak tersebut,” ujarnya.

Salah Satu pegiat literasi, Abdi Kurniawan dari komunitas literasi Teras Aksara mengaku kaget akan postingan tak berdasar Hajrul Malik tersebut.

“Kami capek urus dan ada yang klaim, seakan tidak memiliki rasa malu menurut saya,”katanya.

Ketua Panitia Deklarasi Garbi Sulbar Hajrul Malik menuturkan, postingan itu murni salah tulis, tidak ada maksud mengklaim.

“Jadi itu tadi saya copy link dari group GARBI Gorontalo(official team),” kata Hajrul dihubungi wacana

Kata dia, murni salah penulisan. Hajrul berterima kasih kepada kawan kawan penggiat literasi Mamuju, Teras Aksara Mamuju dan kantor perpustakaan serta elemen lainnya yang terlibat.

“GARBI sama sekali tidak ada panggung di diskusi tadi, itu murni usaha kawan kawan penggiat literasi. Acara GARBI hanya di Maleo malam ini. Sekali lagi permohonan maaf saya atas kesalahan penulisan,”tutur Hajrul.

(nhd/iqbal)

Leave A Reply

Your email address will not be published.