Media Platform Baru Sulawesi Barat

Ika Unhas Dorong Desain Pembangunan Sulbar Sebagai Penyangga Ibu Kota

0 333

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Sulawesi Barat sudah harus punya perencanaan yang holistik untuk menjadi penyangga kebutuhan ibu kota negara yang baru.

Pakar Social Walfare DR Suyuti Marzuki mengatakan, potensi yang dimiliki provinsi ke 33 cukup besar, baik dari hasil pertanian maupun dari kelautan.

Hal itulah, kata dia, sehingga Ika Unhas Korwil Sulbar berencana membuat semiloka untuk membuat rumusan strategis pembangunan Sulbar dan akan didorong tingkat Nasional.

“Melalui kegiatan ini ada dokumen yang dihasilkan, lalu kita dorong bersama. lalu strategi apa yang dilakukan bersama,” kata Suyuti yang juga sebagai steering committee dalam semiloka tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua Ika Unhas Korwil Sulbar Naharuddin menuturkan, semiloka akan melahirkan draf strategi planning, yang menjadi panduan bagi seluruh stakeholder dalam menjalankan pembangunan.

“Kita berharap ada gagasan yang strategis sifatnya, yang bisa dielaborasi sedemikian rupa untuk bisa diimplementasikan oleh semua stake holder pemerintah baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten,” tuturnya. 

Kata Naharuddin, kegiatan itu juga untuk menguatkan daya saing Sulbar sebagai daerah penyangga ibu kota baru di Kalimantan Timur.

“Agar pembangunan ibu kota di Kalimantan Timur, tidak sentris, tapi juga memperhatikan daerah – daerah sekitar sebagai penyangga,” simpulnya.

(ILU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.