Media Platform Baru Sulawesi Barat

Kolaborasi, Dinas Kesehatan Sulbar, Satgas Tolsih dan PMII Periksa Kualitas Toilet di Puskesmas Tampa Padang

0 31

TELEGRAPH.ID, MAMUJU–Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) drg. Asran Masdy, bersama dengan Tim Satgas Tolsih (Toilet Bersih) dan organisasi mahasiswa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), melakukan kunjungan ke Puskesmas Tampa Padang, Mamuju, Kamis 11 Januari 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas toilet umum dan toilet pegawai Puskesmas serta melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kunjungan ini bertujuan memastikan bahwa fasilitas toilet di Puskesmas Tampa Padang memenuhi standar kebersihan dan kenyamanan. Tim Satgas Tolsi terlibat dalam kegiatan inspeksi dan menilai kondisi toilet, memberikan rekomendasi perbaikan, serta memberikan arahan tentang praktik kebersihan yang baik.

Selama sidak dadakan ini, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar drg. Asran Masdy menekankan pentingnya kebersihan toilet dalam upaya pencegahan penyakit.

“Toilet yang bersih adalah langkah awal untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa fasilitas toilet umum dan pegawai di Puskesmas ini tetap terjaga kebersihannya,” ujar drg. Asran Masdy.

Untuk sosialisasi pencegahan penyebaran nyamuk DBD, Tim memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya DBD dan cara-cara untuk menghindari gigitan nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus DBD.

PMII turut aktif dalam mendukung kegiatan ini dengan berpartisipasi dalam sosialisasi dan membantu dalam penilaian kebersihan toilet. Keterlibatan PMII sebagai mitra pemerintah dalam kegiatan sosial ini merupakan contoh sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kebersihan fasilitas kesehatan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit. (rls/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.