Media Platform Baru Sulawesi Barat

Komisi III DPRD Sulbar Kunjungi Lokasi Bantuan Listrik Gratis di Mamuju Tengah

0 41

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Barat (Sulbar) Amir, bersama Anggota Komisi III DPRD Sulbar, Taufiq Agus, melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi kegiatan bantuan listrik gratis di Kabupaten Mamuju Tengah, Kamis, 11 Januari 2024. Lokasi yang dikunjungi seperti Desa Lara dan Tasokko.

Kepala Dinas ESDM Sulbar Amir mengatakan, kunjungannya bersama Anggota Komisi III DPRD Sulbar di Desa Lara dan Tasokko di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, untuk memantau hasil langsung dari kegiatan bantuan listrik gratis tahun 2023.

“Saya bersama Pak Taufik, Anggota Komisi III DPRD Sulbar, sebagai mitra evaluasi kegiatan tersebut,” ujar Amir.

Disampaikan, pada tahun 2023, Dinas ESDM Sulbar telah memberikan bantuan pemasangan listrik gratis kepada 490 Rumah Tangga Sasaran di berbagai wilayah Sulbar, dengan tujuan meningkatkan akses listrik bagi masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk evaluasi terhadap bantuan listrik gratis pada tahun 2023. Kami fokus pada 490 Rumah Tangga Sasaran di seluruh wilayah Sulbar,” katanya.

Anggota Komisi III DPRD Sulbar, Taufiq Agus menyampaikan, kegiatan bantuan pemasangan listrik gratis merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan manfaat listrik yang layak kepada rumah tangga kurang mampu. Langkah-langkah ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan akses listrik bagi masyarakat prasejahtera di berbagai wilayah di Sulbar.

“Saya, sebagai anggota Komisi III DPRD Sulbar, setiap tahun mendukung pelaksanaan kegiatan ini karena manfaatnya yang besar bagi masyarakat. Masih banyak masyarakat yang belum memiliki meteran listrik sendiri, dan melalui kegiatan listrik gratis ini, kami secara langsung membantu masyarakat kurang mampu,” ujar Taufiq, yang merupakan politisi Partai Golkar Mamuju Tengah.

Sementara, Kepala Desa Lara, Suardi menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulbar atas kegiatan pemasangan listrik gratis di wilayahnya.

“Saya, sebagai kepala desa sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan yang dilakukan Dinas ESDM Sulbar di Desa Lara ini. Sebanyak 22 rumah tangga warga kami mendapat bantuan dari program ini, dan kami berencana mengusulkan kembali karena masih terdapat warga yang belum memiliki meteran listrik sendiri,” ungkap Suardi.

Pada akhir pertemuan, Kepala Dinas ESDM Sulbar, menyatakan Pemprov Sulbar setiap tahun memprogramkan kegiatan bantuan pemasangan listrik gratis untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin, sebagai fokus Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arief Fakrulloh dalam mengurangi jumlah masyarakat miskin ekstrim di wilayah Sulbar.

“Meskipun ada keterbatasan anggaran, pemerintah tetap berupaya membantu desa-desa yang dianggap sebagai prioritas,” tutupnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.