Media Platform Baru Sulawesi Barat

Pastikan Keamanan Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Pulau Bala-balakang, KPU Mamuju Gandeng Basarnas

0 57

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju akan mulai distribusi logistik ke wilayah terpencil dan kepulauan pada 9 Februari 2024, lima hari sebelum hari penconlosan.

Untuk distribusi logistik ke Pulau Bala-balakang, KPU Mamuju menggandeng Kantor Basarnas Mamuju.

Basarnas Mamuju akan melakukan pengawalan kapal yang mengangkut logistik pemilu hingga tiba Pulau Salissingan, ibukota Kecamatan Bala-balakang.

Pulau Salissingan berada di Selat Makassar. Jika dari Kabupaten Mamuju, Sulbar menuju Pulau Balabalakang akan memakan waktu sekira 10 jam atau 55 mil jaraknya.

Sementara jaraknya dari Kalimantan Timur jaraknya hanya sekira 33 mil atau 7-8 jam perjalanan.

“Peran Basarnas Mamuju sangat besar dalam memberikan pelayanan masyarakat guna memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata Kasie Basarnas Mamuju Aswandi, di kantor KPU Mamuju, Kamis (8/2/2024).

Dia mengatakan, personel Basarnas Mamuju akan mendampingi proses pendistribusian logistik pemilu melintasi perairan menuju Pulau Bala-balakang menggunakan Kapal Nelayan.

“Personel Basarnas akan ikut bersama para komponen pemerintah dan masyarakat yang turut serta mengawal pendistribusian Logistik,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Mamuju Muh Rizal, menyampaikan, pihaknya berkomitmen membantu mewujudkan pemilu aman dan damai di wilayahnya.

“Tadi pagi pukul 10.30 WITA, KPU bersama BASARNAS Mamuju dan instansi terkait serta masyarakat yang terlibat telah menyiapkan kapal pengantar pendistribusian logistik Pemilu,” katanya.

Dari KPU Mamuju, Kasie Operasi dan Siaga Basarnas Mamuju didampingi Nakhoda dan Kepala Kamar Mesin (KKM) KN SAR PARIKESIT 251 bertolak ke Pelabuhan TPI Mamuju melihat langsung kapal tersebut.

Kapal yang akan digunakan distribusi logistik Pemilu 2024 ke Bala-balakang berjenis perahu bagan dengan nama Astra Jaya GT-18 manifes 45 orang.

“Basarnas Mamuju siap mendukung KPU Mamuju bersama instansi pemerintah dan masyarakat yang terlibat dalam pendistribusian logistik pemilu tahun 2024 kali ini sebagai perwujudan insan aparatur sipil negara (ASN) dalam menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi,” pungkasnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.