Media Platform Baru Sulawesi Barat

Pelaku Bom Ikan Ditangkap, Ternyata Bahan Peledaknya dari Pupuk

0 36

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Satreskrim Polresta Mamuju menangkap sembilan orang pelaku pengeboman ikan di sejumlah wilayah di Kabupaten Mamuju. Mereka ditangkap bersama ratusan kilogram pupuk pertanian sebagai bahan baku pembuatan bom ikan.

Kasat Reskrim Polresta Mamuju, AKP Rubertus Roedjito, menjelaskan, bahan peledak yang digunakan para pelaku merupakan bahan yang sesungguhnya diperuntukkan untuk pertanian, namun oleh pelaku dicampur dengan berbagai macam bahan lain, kemudian disalah gunakan untuk melakukan pengeboman saat menangkap ikan.

“Terkait bahan peledak, ini sebenarnya dijual bebas, karena bercampur semua, ini merupakan pupuk. Dijual bebas karena diramu akhirnya menjadi sebuah bahan peledak,” kata AKP Robertus saat konferensi pers di Mapolresta Mamuju. Kamis (29/4/2021).

Robertus menjelaskan, cara membuat bom didapatkan dari pengetahuan yang sudah turun temurun. Sudah setahun ini para pelaku melakukan pengeboman untuk mendapatkan ikan.

“Informasinya, bahan didapatkan secara online. Tapi pupuk ini asalnya dari luar negeri tapi diperjualbelikan secara bebas,” ungkapnya.

“Daya ledaknya dari keterangan ahli, untuk bom ikan karena didalam air daya ledaknya lebih luas, radiusnya kurang lebih 3 sampai 5 meter,” sambungnya.

Sementara itu Wakapolresta Mamuju AKBP Arianto mengatakan, upaya pencegahan penggunaan bom untuk menangkap ikan telah dilakukan oleh pihak kepolisian. Seperti, sosialisasi, patroli secara rutin ke sejumlah wilayah yang dianggap rawan penggunaan bahan peledak.

“Kita melakukan kegiatan preventif, memberikan himbauan kepada masyarakat tentang bahaya bahan peledak,” katanya.

Arianto mengaku, pihaknya juga bekerjasama dengan sejumlah instansi pemerintah untuk memberikan edukasi penggunaan metode lain untuk menangkap ikan.

“Bagaimana mencari atau mendapatkan dalam profesinya (nelayan) secara benar, sehingga secara masif masyarakat mengetahui hal-hal yang dilarang didalam proses mereka melaksanakan aktivitasnya,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.