Media Platform Baru Sulawesi Barat

Pemprov Sulbar Bersiap Menuju Kemandirian Pangan

0 34

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Pemprov Sulbar mempersiapkan Pencanangan Menuju Sulbar Merdeka Pangan, dengan membuka lahan perkebunan di sejumlah titik di Sulbar.

Hal itu diungkapkan PJ Gubernur Sulbar, Akmal Malik saat meninjau lahan perkebunan yang baru dibuka oleh Dinas Perkebunan Sulbar, di Samping Jalan Arteri Mamuju, Kecamatan Simboro, dan di Kelurahan Sese, Rabu 27 Juli.

Selain dua titik lokasi itu, pemprov juga mempersiapkan lokasi di beberapa kelurahan, termasuk di Bambu Kelurahan Mamuju dan di Depan Rujab Unsur Pimpinan Pemprov Sulbar.

Lahan yang disiapkan itu rencananya akan ditanami Jagung dan Kedelai. Tak hanya itu, Akmal mendorong budidaya ikan di beberapa lokasi tersebut.

Kata Akmal, belasan hektar lahan yang dipersiapkan akan serentak menjadi lokasi penanaman serentak yang direncanakan pada 13 Agustus mendatang, bertepatan dengan Pencanangan Menuju Sulbar Merdeka Pangan, serta melibatkan kelompok tani dalam mengelola lahan perkebunan tersebut.

“Ini baru rencana kita ingin fokus pada lahan yang belum dimanfaatkan. Biar lahannya kecil tapi memberi kemanfaatan bagi masyarakat,” ujar Akmal.

Untuk mewujudkan itu, Akmal mengajak seluruh OPD bekerjasama.

“Kuncinya adalah kolaborasi. Ini sebagai project percotohan bagaimana membangun kolaborasi, bergerak bersama melakukan pengelolaan lahan guna mendorong kemandirian pangan di Sulbar,” ujar Akmal.

Kepala Dinas Tananam Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (DTPHP) Sulbar Muchtar mengatakan, lahan yang dipersiapkan sebagai percontohan bagi masyarakat, tindaklanjutnya pemprov mendorong agar petani juga memanfaatkan lahan, dan pihaknya siap mendukung pengelolaan lahan perkebunan tersebut.

“Nanti kita juga mendorong petani menggarap di lahan mereka masing masing,” pungkasnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.