Media Platform Baru Sulawesi Barat

Pemprov Sulbar Siap Melakukan Vaksin Covid-19

0 21

TELEGRAPH.ID, MAMUJU — Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat siap laksanakan vaksin. Diketahui, 10.960 dos vaksin Sinovac untuk tahap pertama sudah tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (6/1/2021) kemarin.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengatakan sesuai dengan instruksi Presiden untuk penanganan Covid-19, Sulbar sudah siap melaksanakan.

“Tinggal menunggu izin pelaksanaa vaksinasi ini dari yang berwenang setelah itu kita laksanakan vaksin,”kata Ali Baal Masdar usai mengikuti rapat virtual dengan presiden dan menteri kesehatan.

Dikatakan, sekitar 500 tenaga medis yang akan mendapatkan pelatihan untuk vaksinasi di Sulbar, akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

ABM juga mengaku siap divakasi, hanya saja usai yang ditentukan sudah melewati usainya.

“Saya tidak bisa karena sudah lewat umur, kecuali kalau ada vaksin lain yang membolehkan, saya siap, tidak ada masalah,”ujarnya.

Untuk itu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk patuh terhadap anjuran pemerintah melakukan vaksin, karena tidak ada pemerintah yang menginginkan masyarakatnya menderita.

Kepala Dinas Kominfopers, Safaruddin Sanusi selaku juru bicara Satgas Covid-19 menambahkan, presiden telah mengarahkan terkait vaksin dan pemulihan ekonomi.

“Kita menunggu petunjuk teknis dari pusat terutama BPOM tentang penggunaan vaksin ini, karena seluruh Indonesia akan melakukan vaksin serentak pada tanggal 14 Januari,”tuturnya.

Pihaknya juga, menegaskan sesuai arahan presiden untuk masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meski vaksin telah dilaksanakan. Khususnya untuk pemerintah Kabupaten untuk tetap menegakkan 3M atau 3T.

“Berdasarkan jumlah vaksin yang diterima pemerintah Sulbar ada 10.960 dan tahap pertama di lakukan vaksin adalah tenaga kesehatan dengan jumlah 10.569. Ada sisa sekitar 15 persen, itulah sisanya yang diberikan kepada tahap kedua pejabat publik, kemudian tokoh agama, sehingga memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin ini aman,” pungkasnya. (adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.