Media Platform Baru Sulawesi Barat

Penamaan Jagung, Bupati Harap Petani Semakin Maju dan Mandiri

0 14

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi melakukan penanaman perdana Jagung benih kwalitas terbaik. Penamaan itu dilakukan dalam kegiatan diseminasi teknologi pertanian di Kecamatan Papalang, Selasa (6/4/2021).

Kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama dari Balitbangtan Sulbar, BI Sulbar, Dinas Pertanian Sulbar, Dinas Pertanian Mamuju, Bank Sulselbar, dan perusahaan swasta.

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku, sangat bersyukur dengan terlaksananya kegiatan tersebut, karena adanya kolaborasi dari berbagai lembaga pemerintahan maupun perusahaan swarta dan Perbankan.

“Kita bersama dengan balai fokus dulu ke jagung, kalau berhasil tidak menutup kemungkinan akan menggarap komoditas lainnya,” kata Sutinah.

Perempuan yang disapa Tina ini menuturkan, keterlibatan pengusaha lokal segera pihaknya akan menindaklanjuti, agar bisa juga masuk memberikan andil dalam program pemerintah.

“Ini akan menjadi catatan penting kita bagi pengusaha lokal agar bisa ikut juga memberikan andil, apalagi para investasi yang ingin memajukan daerah akan kita selalu dukung,” ucapnya.

Tina juga menyampaikan untuk komoditas jagung yang sementara digarap sudah tersistem mulai dari ketersediaan pupuk, peningkatan produksi sampai bantuan modal sudah ditangani.

“Jadi petani tidak khawatir lagi jika panen tidak ada membeli, kita sudah siapkan pembelinya. Kita harap dengan adanya kegiatan ini petani keren Mamuju bisa mandir dan maju kedepan,” harapnya.

Sedangkan, Kepala BI Sulbar Budi Sudaryono menuturkan, peran BI akan melakukan pendampingan kepada para petani Jagung Keren Mamuju.

“Kita memberikan pendampingan maupun pembinaan kepada kelompok petaninya. Kalau segi perbankannya kita hanya mempertemukan bank dan petani untuk pemberian modal,” tuturnya.

Selain itu, untuk Komoditas sendiri yang saat ini masih diatas di Sulbar yakni Sawit, dimana mengalami kenaikan. Sehingga pihaknya berharap Jagung juga bisa meningkat produksinya.

“Kami berharap dengan masa pasca gempa saat ini selain sawit, produksi Jagung yang sementara digarap bersama mengalami peningkatan,” tutupnya. (Adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.