Media Platform Baru Sulawesi Barat

Perkuat Gerakan Ayo ke Posyandu, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar Sasar Posyandu di Desa Bambu

0 48

TELEGRAPH.ID, MAMUJU-Dalam upaya mendukung dan memantau kualitas pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Barat (Sulbar) drg. Asran Masdy, melakukan kunjungan kerja ke dua Posyandu di Desa Bambu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Kamis 25 Januari 2024.

Dua Posyandu yang dimaksud yakni Posyandu Dusun Batupapan dan Posyandu Mayang Sari. Kunjungan ini merupakan bagian dari inisiatif untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan di tingkat dasar berjalan dengan baik dan sesuai standar.

Dalam kunjungannya, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar didampingi Kepala Seksi, Staf Gizi dan KIA Dinas Kesehatan Sulbar serta Mahasiswa KKN Universitas Sulawesi Barat Gelombang XXII. Selama kunjungan, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar bersama rombongan melakukan berbagai kegiatan untuk memastikan efektivitas dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Posyandu. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain:

  1. Evaluasi Pelayanan Kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan melakukan evaluasi terhadap pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Posyandu, termasuk pemantauan imunisasi, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, serta upaya promotif preventif lainnya.
  2. Pertemuan dengan Anggota Posyandu. Dilakukan pertemuan interaktif antara Kepala Dinas Kesehatan dengan anggota Posyandu untuk mendengarkan langsung masukan, tantangan, dan keberhasilan yang mereka alami dalam memberikan pelayanan kesehatan.
  3. Inspeksi Fasilitas dan Perlengkapan Posyandu. Melakukan inspeksi langsung terhadap fasilitas dan perlengkapan yang digunakan oleh Posyandu, termasuk memastikan ketersediaan obat-obatan dan alat medis yang diperlukan.
  4. Sosialisasi Program Kesehatan Terbaru. Memberikan informasi terkini terkait program-program kesehatan yang sedang diimplementasikan oleh pemerintah dan memberikan arahan untuk peningkatan pelaksanaan program di tingkat Posyandu.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy mengatakan, kunjungan itu adalah bagian dari komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat.

“Saya mengapresiasi kerja keras Posyandu Dusun Batupapan, dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga. Bersama-sama, kita dapat mencapai tingkat kesehatan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat,” kata drg. Asran.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan dukungan bagi Posyandu serta memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan lembaga kesehatan masyarakat, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang berkualitas, sebagai wujud implementasi Gerakan Ayo ke Posyandu.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.