Media Platform Baru Sulawesi Barat

Petarung, Inovasi Kanwil BPN Sulbar Sosialisasi Program Strategis

0 208

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Badan Pertanahan Nasional (BPN) wilayah Sulawesi Barat membentuk Gerakan Pemuda Peduli dan Ruang (Petarung) berkelanjutan.

Program ini merupakan inovasi untuk mendukung program strategis nasional serta akses sosialisasi dan edukasi Kanwil BPN Sulbar ke masyarakat. Seperti program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). apalagi, sampai saat ini warga yang berkeinginan untuk mensertifikatkan tanahnya masih minim.

Ada 33 pemuda dan mahasiswa dari berbagai kampus di Sulbar yang direkrut sebagai Petarung dan tersebar di enam kabupaten di Sulawesi Barat.

Kepala Bidang (Kabid) Tata Usaha Muhammad Iqbal menjelaskan, pelibatan pemuda dinilai efektif ditengah kemajuan teknologi dan informasi saat ini untuk menyebarkan berbagai program BPN.

“Lebih gampang menangkap terkait hal-hal yang perlu kita komunikasikan lebih lanjut dan bisa menyampaikan lebih lanjut atau istilah kerennya, dapat menjadi influencer kepada masyarakat yang lebih luas,” jelas Muhammad Iqbal. Kamis (2/6/2022).

Tak hanya itu, Petarung juga diharapkan mampu menyerap keluh kesah masyarakat yang berkaitan dengan program yang dijalankan oleh BPN.

“Sudah kita sampaikan juga ketika adik-adik (Petarung) mendapatkan suatu permasalahan dilapangan, misalnya mendengar suatu persoalan tanah, atau menyangkut masalah pertanahan dan ruang pelayanan ini bisa disampaikan,” ungkapnya.

Tak sampai disitu, pemuda dalam Petarung nantinya, berperan aktif untuk melakukan kerja edukasi tentang pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

“Kita juga inginkan, para pemuda ini tidam hanya mengerti persoalan tanah dan tataruang, tetapi juga sadar lingkungan secara berkelanjutan,” tuturnya.

Tidak melulu soal pertanahan, Petarung pada gilirannya menjadi wadah pengembangan kemampuan para pemuda. Kanwil BPN Sulbar kata Iqbal, membuka seluas-luasnya ruang untuk berkreasi bagi pemuda sesuai dengan minat yang dimiliki.

“Salah satunya kami pernah berdiskusi, ada nggak yang punya kemampuan konten kreator nanti kita upload di youtube kami, kalau ada skill menyanyi ayo dikembangkan,” bebernya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.