Media Platform Baru Sulawesi Barat

Untuk Perbaiki Indikator Kinerja OPD, Begini Strategi Dinas Kominfo Sulbar

0 303

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin Sanusi mengungkapkan untuk memperbaiki indikator kinerja pemerintah, salah satu strateginya, yakni memaksimalkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing OPD.

” Ini sangat penting karena berhubungan langsung dengan masyarakat, harus sesegera mungkin diaktifkan,”kata Safaruddin dalam rapat kerja pimpinan lingkup Pemprov Sulbar yang dipimpin Gubernur Ali Baal Masdar, kemarin.

Safaruddin menjelaskan PPID ada dua kategori, PPID utama berada di Dinas Kominfo berfungsi sebagai media center kehumasan, dan PPID pembantu ditiap OPD menghimpun dokumentasi kegiatan-kegiatan OPD untuk dipublikasi.

“Semua persoalan dan aduan masyarakat itu harusnya melalui PPID. Mereka yang bertugas menyaring informasi,”kata dia.

Mantan Kepala Biro Umum Setda Provinsi Sulbar itu menjelaskan hal ini sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Dengan begitu, kata dia, tidak ada lagi istilah rahasia, dimana ada 17 point yang memang tidak bisa disembunyikan oleh OPD atau instansi manapun, bila diminta harus diserahkan sehingga persoalan-persoalan internal kantor dapat terselesaikan.

“Kita akan terus melakukan perbaikan manajemen pengelolaaan informasi, salah satu jalannya mengaktifkan peran PPID di OPD dalam penyebaran informasi dan dokumentasi di setiap agenda atau capaian hasil kerja OPD,”katanya.

Kadis Kominfo Persandian dan Statistik Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM memberikan pemaparan pada Rapim lingkung Pemprov Sulbar di Auditorium Kantor Gubernur.

Selain itu, kata dia, keberadaan PPID juga termasuk jalan untuk memperbaiki kerjasama media dan seluruh stakeholder dalam rangka menghimpun segala persoalan.

“Kiranya OPD memiliki peran aktif, artinya semua kegiatan-kegiatan OPD itu harus ada yang membuat berita dan mengambil gambar kegiatan OPD dan dilapor ke Media Center Kehumasan, sehingga berita-berita yang ada tidak dikeluarkan oleh OPD, tetapi dikeluarkan oleh Kominfo,”tuturnya.(advertorial/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.