Media Platform Baru Sulawesi Barat

Bimtek SP4N, Komitmen Inspektorat Pasangkayu Wujudkan Pelayanan Publik yang Lebih Baik

0 375

TELEGRAPH.ID, PASANGKAYU – Inspektorat Kabupaten Pasangkayu bekerja sama LPPM Mitra Edukasi
sosialisasi pelaksanaan bimbingan teknis Situs Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di Hotel Multazam, Pasangkayu. Selasa, (22/10/19).

Pelaksanaan sosialisasi itu di hadiri langsung oleh deputi bidang pelayanan publik Kemenpan RB Adelia dan Indri Permatasari.

Kepala Inspektorat Pasangkayu, Radimurti menyampaikan, kegiatan ini merupakan hal wajib dilaksanakan bagi semua pemerintah daerah yang mengelola laporan atas pelayanan publik.

Radimurti menyampaikan, kegiatan ini sesungguhnya sejak lama dirancang untuk dilaksanakan, namun sesuatu sehingga baru tahun ini dapat digelar. Merujuk dari surat dari Menpan-RB untuk pelaksanaan sosialisasi.

“Barulah tahun ini kita dapat anggaran nya dari ke Menpan sekitar 90 juta,” katanya.

Radimurti mengatakan, kegiatan berlangsung selama dua hari dan peserta yang hadir pada bimbingan teknis adalah semua perwakilan OPD.

“Peserta hari ini sekitar 75 orang karena itu untuk mengcover semua OPD baik dari teknis maupun yang lain, termasuk kepala bagian dan 12 kecamatan di kabupaten Pasangkayu,” paparnya.

“Harapan Pemkab bagaimana pengelolaan laporan atas pelayanan publik ini bisa terkelola dengan baik, sehingga memberikan efek yang lebih baik kedepannya dan masyarakat,” sambungnya.

Radimurti mengatakan, seluruh OPD akan dihubungkan melalui satu aplikasi dan yang diberikan tanggung jawab untuk mengontrol adalah ASN yang berkompeten soal sistem pelayanan publik di wilayahnya masing-masing.

“Sistem SP4N akan terintegrasi melalui Kominfo karena admin SP4N hampir 90 persen di seluruh Indonesia ada di Kominfo karena ada kebijakan daerah melihat kondisi personil, kemudian sifatnya laporan. Kami inspektorat dalam tahap pembicaraan ke pihak wartala maupun Kominfo bagaimana kemudian siapa yang mengelola. Di inspektorat sendiri ada aplikasi sistem Pro artinya bebas korupsi,” tuturnya.

Direktur Eksekutif, LPPM Mitra Edukasi Budiman Jaya A Ashari mengatakan, melalui aplikasi sistem situs berbasis web, SP4N dan Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR ) adalah bagaimana tata kelola pemerintahan yang baik dan dapat di akses masyarakat.

“Intinya disitu,” pungkasnya.

(SILA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.