Media Platform Baru Sulawesi Barat

Dinkes Sulbar Advokasi dan Sosialisasi Gerakan Toilet Bersih dan Sehat di Mamuju Tengah

0 64

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Pemerintah Provinsi melalui Dinas kesehatan Provinsi sulawesi barat melakukan Advokasi dan sosialisasikan gerakan toilet bersih dan sehat (tolsih) di Kabupaten Mamuju Tengah dengan sasaran Dinas kesehatan dan puskesmas.

“Ini merupakan Program Bapak Gubernur menjadikan toilet bersih, sehat, aman dan nyaman untuk masyarakat Sulawesi barat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar drg Asran Masdy

Gerakan ini disambut baik oleh sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju Tengah Pak.H.Ince Syahrul Tahir, SKM,S,Kep belau akan melakukan gerakan/aksi yang sama ditingkat kabupaten dengan melakukan monitoring kondisi toilet pada kantor-kantor pemerintah dan fasilitas publik termasuk fasyankes diwilayah kabupaten mamuju tengah.

Kegiatan ini merupakan bentuk aksi nyata dalam percepatan program Gubernur sulawesi barat Prof Zudan Arif Fakrullaoh yaitu program tolsih dengan sasaran instansi pemerintah dan fasilitas umum lainya termasuk Pariwisata,Bandara,Terminal,dan fasilitas umum lainya.

Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar dr Hj Indahwati Nursyamsi bersama dengan program kesehatan lingkungan juga memberikan masukan dan saran kepada petugas sanitarian puskesmas lebih maksimal melakukan penyuluhan, pemicuan dan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga dan memelihara toilet difasilitas umum agar tidak menjadi tempat perkembabiakan nyamuk demam berdarah (DBD).

Karena toilet yang tidak di dirawat dapat menjadi sumber penularan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan,seperti Salmonella, listeria, dan Bacillus (penyebab keracunan makanan), Rhinovirus (penyakit flu), Rotavirus (infeksi diare pada anak-anak.

Selain itu, jamur Candida yang menjadi penyebab penyakit pada area kelamin juga bisa menular lewat toilet yang kotor dan penyakit lainya yang sebabkan oleh toilet yang tidak bersih alias kotor.

Oleh karenanya diharapkan kepada petugas kesehatan lingkungan berperan aktif bersama dengan stakeholder untuk bersama-sama mewujudkan gerakan toilet bersih dan sehat sebagai bagian dari indikator menuju kabupaten/kota sehat (KKS).(*/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.