Media Platform Baru Sulawesi Barat

Hari Kusta Sedunia 2024, Dinkes Dorong Peningkatan Penemuan Kasus Kusta di Sulbar

0 32

TELEGRAPH.ID, MAMUJU--Hari Kusta Sedunia Tahun 2024 dengan tema “Beat Leprosy” atau “Kalahkan Kusta”, menjadi momentum penting bagi berbagai upaya pencegahan, deteksi, dan perawatan penyakit ini di seluruh dunia.

Hari Kusta Sedunia diperingati setiap tahunnya pada hari Minggu terakhir di bulan Januari. Pada tahun 2024 peringatan ini jatuh pada 28 Januari.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Barat (Sulbar) yang memegang peran kunci dalam upaya kesehatan masyarakat Sulbar, menggarisbawahi pentingnya kesadaran dan deteksi dini terhadap kasus kusta.

Dalam rangka Peringatan Hari Kusta Sedunia Tahun 2024, Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg. Asran Masdy menekankan perlunya peningkatan penemuan kasus kusta di Sulbar.

 “Saat kita merayakan Hari Kusta Sedunia, kami ingin mendorong masyarakat dan pihak terkait untuk semakin memasifkan upaya penemuan kasus kusta di Sulbar,” kata drg. Asran Masdy, Minggu 28 Januari 2024.

Menurut drg. Asran Masdy, kesadaran masyarakat tentang gejala kusta dan akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan sangat penting dalam mengatasi penyakit itu.

“Kusta, meskipun telah menurun secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir, masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di beberapa wilayah, termasuk Sulbar,” ungkapnya.

Olehnya itu, pihaknya terus bekerja keras untuk meningkatkan pemahaman tentang kusta dan mengurangi stigma yang melekat padanya.

“Dengan pendekatan yang komprehensif, kami berharap dapat meningkatkan deteksi dini dan memberikan perawatan yang tepat bagi mereka yang terkena dampak,” ujarnya.

Ia menambahkan, Peringatan Hari Kusta Sedunia 2024 menjadi panggilan bagi semua pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat umum, untuk bersatu dalam upaya mengatasi kusta dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Melalui kolaborasi dan kesadaran yang meningkat, diharapkan Sulbar dapat menjadi contoh bagi upaya pemberantasan kusta,” tambahnya. (rls/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.