Media Platform Baru Sulawesi Barat

Hearing, Syahrir Hamdani Paparkan Produk Hukum Daerah yang Aspiratif

0 48

TELEGRAPH.ID, POLMAN – Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Sulbar Syahrir Hamdani melakukan hearing dialog yang bertemakan “Menghadirkan Produk Hukum Daerah Yang Aspiratif”.

Kegiatan berlangsung di Warkop Rakyat, Jalan Rawamangun, Desa Sidorejo, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar. Senin (29/3/2021).

Syahrir Hamdani menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa mekanisme lahirnya sebuah peraturan daerah (Perda) itu salah satunya. Pertama adalah, harus banyak mendengarkan rakyat, berbicara dengan rakyat.

“Karena yang kita jalankan peraturan daerah yang sekarang untuk rakyat, pelaksanaannya itu ada pada pemerintah tetapi harus memberikan kepastian hukum kepada masyarakat,” jelasnya.

Kedua, kata dia bisa mendorong dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dan yang ketiga bahwa harus mengatur aspek keadilan.

“Karena peraturan daerah inikan sesungguhnya itu mengandung sanksi yang mengandung sekedar sanksi administrasi, tapi ada juga mengandung pidana karena itu kita harus hati-hati,” paparnya.

Begitu juga dengan saat perumusan, politisi Partai Gerindra itu mengungkapkan, harus melibatkan berbagai kalangan yang memiliki kapasitas.

“Salah satu bentuk kehati-hatian kita adalah bentuk kita jemput aspirasi, jadi narasi atau Perda yang digunakan kali ini adalah menjemput aspirasi rakyat, menjemput aspirasi rakyat itu kita wujudkan dalam bentuk MPD dibeberapa tempat dan kita betul-betul mengundang orang berbicara didalam forum itu yang kita anggap paham tentang konteks yang dibicarakan,” tuturnya.

“Supaya tidak mubazir pertemuan karena seluruh proses itu menggunakan uang rakyat, karena itu harus terukur dan harus bisa dipertanggung jawabkan lalu dibuatkan barujung pada sebuah pergerakan,” pungkasnya.

(ALAM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.