Media Platform Baru Sulawesi Barat

Jika Arus – Samsul Paket di Pilkada Polman

0 105

TELEGRAPH.ID, POLMAN – Meski terbilang dini. Pertempuran di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Polman diprediksi berlangsung sengit. Sejumlah figur yang punya kekuatan besar diperkirakan turun gelanggang.

Nama semisal Samsul Mahmud disebut punya peluang besar di Pilkada nanti. Itu karena pengusaha muda asal Kecamatan Luyo ini merupakan ketua Partai Golkar Polman yang berhasil membawa partai berlambang pohon beringin ini menjadi pemenang di Pileg lalu, khusus di Polman.

Wacana pun berkembang. Jika Samsul berpasangan dengan Ketua DPD Gerindra Sulbar Andi Ruskati Ali Baal (Arus). Sebagian kalangan mengakui jika Arus-Samsul menyatu di Pilkada Polman nanti, proses operasi politik akan lebih mudah.

“Hanya saja, dari segi popularitas, Andi Ruskati, selain dikenal sebagai Istri Gubernur, Ketua Partai Gerindra, beliau juga sebagai Anggota DPR-RI perwakilan Sulawesi Barat, lebih mudah diperkenalkan,” jelas Direktur Institute of Research and Democracy (IRD)Sulawesi Barat, Aby, via WhatsApp, Jumat, (9/7/2021).

Meski begitu, Aby, mengatakan dengan mencuatnya nama Andi Ruskati dari Partai Gerindra dan Samsul Mahmud dari Partai Golkar, sebagai tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilkada Polman, adalah sesuatu hal yang biasa saja.

“Partai politik manapun, jika menyatakan maju dan berpasangan dengan siapa dalam pemilihan Bupati Polewali Mandar Tahun 2024, tentu akan jadi pembicaraan khalayak, tapi itu sifatnya masih biasa-biasa saja,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh pemuda Kabupaten Polman, Hasbi Rukman menyakini apabila Andi Ruskati Alibaal dan Samsul Mahmud menyatu di Pilkada Polman, kekuatannya pasti sangat kuat. Karena keduanya adalah pimpinan Partai Politik.

“Golkar juga kan pemenang Pileg Tahun 2019 lalu, disitu kan kita bisa menghitung suara. Kalau Ruskati kan Ketua Gerindra kan,” jelas Hasbi seperti di sadur dari editorial9.com.

Indikator lain kata Hasbi ialah pencapaian Pileg Tahun 2019 lalu. Golkar berhasil mempertahankan ketua dan Gerindra sukses meraih posisi Wakil Ketua di DPRD Kabupaten Polman.

“Dengan jumlah raihan kursi di DPRD, itu kan bisa dijadikan salah satu tolok ukur, bahwa mereka memiliki kekuatan pada saat bertarung,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.