Media Platform Baru Sulawesi Barat

Komisi I DPRD Sulbar Kunker ke DPMD Sulsel, Sharing Informasi Terkait Program-program Prioritas

0 25

TELEGRAPH.ID, MAKASSAR –  Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat kunjungan kerja ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa 21 Mei 2024.

Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Sulawesi Barat, Syamsul Samad, beserta beberapa anggota komisi 1 diantaranya, H. Syahrir Hamdani, Bonggalangi, Risbar Berlian, Ir. Muslim Fattah dan Yulianti.

Rombongan Komisi I DPRD Sulbar diterima langsung oleh Kepala Dinas Pemdes, (Plh) Dr. Jayadi Nas, S.Sos, bersama dengan Sekdis Pemdes, A.M Akbar RPN, S.STP, M.Si dan Kabid Bina Pemerintahan Desa Pemprov Sulsel, Herawaty D, S.Sos, MM.

Ketua Komisi I DPRD Sulbar Syamsul Samad mengatakan, kunjungan ini dalam rangka Sharing Informasi terkait Program-Program Prioritas Dinas PMD Sulawesi Selasa, serta untuk mengetahui kegiatan di Dinas PMD Sulsel dalam meningkatkan efektivitas program-program pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa yang sedang berjalan.

Sebelumnya, Ketua DPRD Sulawesi Barat, Dr. Hj. Siti Suraidah Suhardi juga telah berkunjung ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tersebut yang juga membahas terkait Program BKK (Bantuan Keuangan Khusus untuk desa-desa yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Ketua Komisi 1 DPRD Sulawesi Barat menyampaikan tujuannya dalam berkunjung ke Dinas Pemdes yaitu ingin mengetahui Program apa saja yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyangkut hal Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat.

“Tujuan kami berkunjung kesini, ingin mendengarkan Informasi dari Dinas Pemdes terkait Program-Program Prioritas yang telah dijalankan, serta ingin mengetahui tentang Program yang sifatnya BKK (Bantuan Langsung Khusus) yang berdampak besar terhadap masyarakat seperti penangangan stunting, dan pemberdayaan masyarakat” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,  Jayadi Nas, menyampaikan bahwa Dinas Pemdes telah menetapkan sejumlah Program Prioritas untuk tahun 2024 dan 2025.

Adapun Program Prioritas tersebut diantaranya; 1. Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pedesaan;  2. Pengembangan Lembaga Ekonomi Pedesaan; 3. Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan; 4. Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa; 5. Peningkatan Peran Perempuan Pedesaan dan 6. Pengembangan Teknologi Tepat Guna.

Selain program prioritas, Dinas Pemdes juga memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada desa-desa untuk mendukung pembangunan lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan berbagai program tersebut, Dinas Pemdes berharap dapat mempercepat pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di provinsi Sulawesi Selatan.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.