Media Platform Baru Sulawesi Barat

PSI Minta Pemerintah Pikirkan Tempat Layak Bagi Pengungsi

0 15

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Hampir sepekan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene, mendiami lokasi pengungsian. Itu setelah kediaman mereka rusak diguncang gempa bermagnitudo 6,2.pada hari Jumat 15 Januari 2021 dini hari.

Hidup di tenda memang jauh dari kata layak. Bagi Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulbar, Ahmad Zaky Djafar, Pemerintah harus fokus melakukan penanganan serius kepada para pengungsi, tidak hanya sekedar menjadi distributor bantuan.

“Dengan mempertimbangkan soal kesehatan utamanya soal sanitasi yang tidak ada, pemerintah sudah harus berfikir banyak mengenai relokasi pengungsi, pada tempat – tempat yang layak,” jelasnya (20/1/2021).

Kata Zaky, setelah melihat langsung kondisi pengungsian, ia menilai kondisi para pengungsi sangat rawan akan timbulnya penyakit, khususnya bagi anak-anak dan Lanjut Usia (Lansia).

“Sudah ada informasi warga yang meninggal di kamp-kamp pengungsian. Memang sangat rentan rawan muncul penyakit seperti diare, demam dan lain, utamanya pada anak-anak dan lansia,” ungkapnya.

Mantan aktivis PMII Kabupaten Polman itu, berharap pemerintah baik Pemprov Sulbar maupun Kabupaten, sudah harus memikirkan pembangunan hunian sementara (Huntara) yang lebih layak, bagi para pengungsi korban gempa.

“Ini juga, akan menunjang kembalinya semangat hidup baru, kembali belajar hidup normal, anak-anak bisa belajar kembali. Ini menjadi penting, menjadi perhatian bersama,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.