Media Platform Baru Sulawesi Barat

Raja – Raja Peserta FMM Mulai Berdatangan, Besok Ikuti Ritual Masossor Manurung

0 446

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Para raja dari sejumlah kerjaan di Nusantara yang akan mengikuti Festival Maradika Mamuju (FMM) mulai berdatangan di Bandara Tampa Padang, Mamuju. Senin (16//12/2019).

Rombongan diterima oleh Putra Mahkota Maradika Mamuju Bau Akram Dai, Kapolresta Mamuju AKBP Minarto dan Wakil Panitia Festival Maradika Mamuju (FMM) Muhammad Ali Rachman.

Disana para tamu dari berbagai kerajaan itu disambut dengan Tarian Pentoroma Mamuju dari sanggar tari Bambamanurung.

Sekretaris Jendral (Sekjen) FSKN Nanik mengatakan, ada 147 kerajaan yang bakal hadir di FMM.

“Kami akan ikuti semua rangkaian acara festival ini. Termasuk prosesi naik kuda nantinya,” kata Naniek.

Sementara itu Wakil Ketua Panitia FMM Muhammad Ali Rachman mengatakan, rombongan kerajaan dan utusan kerajaan sudah tiba di Mamuju sejak Minggu 15 Desember, baik melalui jalur darat maupun pesawat terbang.

“Hari ini sudah ada empat penerbangan, mulai dari pagi hingga sore ini. Pagi hari sekira ada 20 rombongan dari Balikpapan dan hingga sore ini sudah hampir 60 kerajaan,” ujar Ali.

Namun, kata Ali rombongan kerajaan masih akan berdatangan, mengingat jadwal pesawat kemarin sudah tidak ada.

“Kemungkinan besok masih ada. Yang naik bus dan yang naik pesawat. Makanya panitia besok akan tetap stanby di bandara dan terminal,” ungkapnya.

Sesuai jadwal dari panitia pelaksana, hari selasa (besok_red) para raja dan tamu undangan akan mengikuti prosesi ritual adat Mamuju yaitu Masossor Manurung di Rumah Adat Mamuju pada pukul 08.00 Wita.

(ALAM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.