Media Platform Baru Sulawesi Barat

Tadarus Pengawasan Pemilu, Bawaslu Tatap Pemilu 2024

0 15

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Tadarus Pengawasan Pemilu di Hotel Grand Mutiara, Mamuju. Senin (3/5/2021).

Acara yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama itu dihadiri ketua Bawaslu RI Abhan, seluruh komisioner Bawaslu enam Kabupaten di Sulbar dan tokoh masyarakat.

Di kesempatan itu, Abhan mengatakan, tantangan Pengawasan Pemilu di Pilkada serentak 2024 akan berbeda dengan Pilkada sebelumnya.

Kata Abhan, pelajaran penting pada kontestasi yang telah berlalu merupakan modal bagi Bawaslu dalam memperbaiki proses pengawasan kedepannya.

“Pengalaman di 2019-2020, barangkali ada hal yang kurang, dikoreksi,  dalam menghadapi Pemilu 2024,” tuturnya.

Meski begitu, Abhan mengatakan, potensi pelanggaran dalam Pilkada seperti politik uang, hoax dan ujaran kebencian masih bisa terjadi.

“Tentu dari sekarang kita akan melakukan proses pendidikan kepada publik, literasi kepada publik dan sebagainya,” ucapnya.

Abhan menjelaskan, untuk pelaksanaan tehknis pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu senantiasa merujuk pada PKPU.

“Rujukannya itu, tentu juga rujukannya undang-undang. Undang – undang nomor 7 kan sudah ada, tapi nanti tehnisnya kan PKPU. Kita siap tapi nanti tehnisnya seperti yang ada di PKPU,” tutupnya.

(ILU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.