Media Platform Baru Sulawesi Barat

Tahun Depan, SDK Rencana Kucurkan Bantuan Sejuta Bibit Kakao

0 295

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Anggota DPR DR Suhardi Duka reses di Desa Pattidi, Kecamatan Simboro, Mamuju. Senin (2/11/2020). Disana pria yang akrab disapa SDK itu berdialog dengan puluhan warga yang mayoritas petani kakao.

SDK menuturkan, kakao merupakan komoditi andalan warga yang pernah berjaya, mampu memberikan penghasilan yang tinggi kepada para petani. Namun, sekarang banyak mengalami masalah. Serangan hama membuat tanaman tidak berproduksi bagus.

Kata SDK, sebagai anggota DPR Komisi IV membidangi pertanian, dirinya saat ini tengah memperjuangkan berbagai hal untuk perbaikan kualitas kakao petani.

“Saya akan turunkan bibit yang bagus untuk saya bagi kepada masyarakat. Tahun depan saya sudah programkan, saya turunkan kakao satu juta batang untuk kita bagi – bagi di Mamuju ini,” kata SDK.

Tak hanya bibit, SDK juga akan meyertakan obat – obatan berikut alat mesin pertanian yang bisa memudahkan petani.

Lebih lanjut SDK menuturkan, bantuan pemberdayaan kelompok tani berbasis rumah tangga juga masuk dalam programnya di tahun depan.

“Ada namanya Kebun Bibit Rakyat (KBR) jadi kelompok tani yang membibit nanti dibagi – bagi kemasyarakat. Untuk ibu – ibu juga demikian ada kebun sayur itu ada bantuannya perkelompok,” tutur SDK.

SDK menambahkan, berbagai program yang akan diperjuangkan di tahun depan merupakan komitmen untuk memperbaiki perekonomian masyarakat. Meningkatkan penghasilan para petani.

“Sepanjang dia kelompok tani saya bisa bantu, karena bantuannya untuk perkelompok. Jadi masuk dulu kelompoknya kemudian saya bawa ke Jakarta, di Jakarta di buatkan SK kemudian turun anggarannya kepada bapak langsung melalui rekening pada kelompok masing – masing. itu yang bisa saya bantukan kepada bapak, saudara dalam rangka peningkatan kesejahterahan petani,” pungkasnya.

(ILU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.