Media Platform Baru Sulawesi Barat

Terlibat Politik Praktis, Kades Toabo Mamuju Berurusan dengan Hukum

0 122

Telegraph.id, MAMUJU – Kepala Desa Toabo, Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju, Bahri Tiono, harus beberurusan dengan aparat penegak hukum.

Bahri dinilai terlibat politik praktis. Mendukung atau memfasilitasi salah satu calon legislatif (caleg) tertentu dalam sebuah kegiatan olehraga.

Dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh sang kades, terekam dalam video berdusarasi pendek, saat memberikan sambutan diacara pembukaan perlombaan sepakbola antara kampung atau Toabo Cup yang dilaksanakan di desanya.

Dalam video itu, Bahri menyampaikan jika perlombaan sepakbola antara kampung itu, disponsori salah satu caleg. Videonya pun tersebar luas di masyarakat hingga menimbulkan polemik.

Bawaslu Mamuju pun langsung mengambil tindakan atas dugaan pelanggaran pemilu tersebut.

Komisione Bawaslu Mamuju, Faisal Jumalang mengatakan, apa yang dilakukan oleh Kades Toabo menjadi temuan pelanggaran pemilu.

“Dalam sambutannya pada tanggal 17 Januari 2019 di pembukaan Toabo Cup, kepala Desa Toabo diduga melakukan pelanggaran pidana dengan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta Pemilu,” kata Faisal saat ditemui di Mapolres Mamuju, Senin (18/02/19).

Kata Faisal, pada tanggal 18 Januari 2019, pihaknya telah melakukan penyelidikan terkait dugaan pelanggaran tersebut.

“Kami menindaklanjuti dan selidiki dugaan pelanggaran tersebut. Ternyata ditingkat penyelidikan itu, tiga lembaga yakni Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu sepakat untuk menaikkan ke tingkat sidik,” ujar Faisal.

Hari ini, Bawaslu Mamuju yang diwakili oleh Faisal Jumalang selaku komisioner divisi hukum dan penindakan telah menyerahkan seluruh berkas penyelidikan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Kades Toabo ke pihak kepolisian.

Berkas perkara tersebut diterima langsung oleh Kasat Reskrim Polres Mamuju, AKP Syamsuriansyah di depan ruangan kerjanya, Jl Ks Tubun, Kelurahan Rimuku, Mamuju.

(jab/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.