Media Platform Baru Sulawesi Barat

Coaching Desa Wisata, Dispar Sulbar Dorong Desa Berkembang Secara Mandiri dan Profesional

0 69

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Dinas Pariwisata Sulbar melalui Bidang Destinasi melaksanakan Coaching Desa Wisata 2024 di Desa Lembang-lembang, Kecamatan Limboro, Kabupaten Polman, Senin 4 Maret 2024.

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Darmawati Ansar dihadiri Anggota DPRD Provinsi Irbad Kaimuddin.

Kepala Bidang Destinasi Imelda Adhiyanty menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka menjalin silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat, sekaligus bagian dari komitmen bersama untuk membangun dan menjaga daya tarik wisata dengan pemanfaatan sumber daya yang ada.

“Juga untuk membuka peluang keberlanjutan eksistensi daya tarik wisata serta mendorong masyarakat lebih sadar akan potensi desanya sehingga mereka lebih bekerja keras untuk membangunnya,” kata Imelda.

Sementara itu Kadis Pariwisata Sulbar Darmawati menjelaskan, salah satu model pembangunan pariwisata yang mengkolaborasikan fungsi pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku adalah pengembangan desa wisata.

Pengembangan desa wisata mendorong berbagai upaya untuk melestarikan dan memberdayakan potensi keunikan berupa budaya lokal dan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) yang ada di masyarakat yang cenderung mengalami ancaman kepunahan akibat arus globalisasi yang sangat gencar dan telah memasuki wilayah pedesaan.

“Pengembangan desa wisata berjalan begitu pesat dan menyebar di hampir seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Kearifan lokal menjadi kunci masyarakat yang bermartabat sehingga pengembangan desa wisata tetap memegang nilai-nilai luhur khas masyarakat desa. Dengan memegang nilai-nila luhur yang tertanam dalam keseharian masyarakat lokal, maka desa wisata dapat berkembang secara mandiri, professional dengan tetap mengusung semangat kebersamaan khas masyarakat desa,” jelas Darmawati.

Darma berharap coaching ini bisa memberikan kontribusi positif buat tumbuh kembang pariwisata berbasis masyarakat yang berkelanjutan di Desa Wisata Lembang-Lembang.

“Marilah bersama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan Desa Lembang-lembang sebagai desa wisata yang baik,” pungaksnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.