Media Platform Baru Sulawesi Barat

Dispar Sulbar Kunjungi Kemenparekraf RI Ajukan Proposal Pelatihan dan Sertifikasi SDM Pelaku Usaha Jasa Pariwisata

0 41

TELEGRAPH.ID, JAKARTA – Dinas Pariwisata Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Kepala Bidang Kelembagaan dan Kemitraan Yusuf Anwar melakukan kunjungan ke Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI),  Jumat 19 Januari 2024. Kunjungannya diterima langsung  Direktur Standarisasi Kompetensi Kemenparekraf RI Faisal.

Kunjungan tersebut  untuk mengajukan proposal atau permintaan bantuan berupa pelatihan dan sertifikasi bagi para pelaku usaha jasa pariwisata di Sulbar. Pelatihan dan sertifikasi dalam rangka akselerasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku usaha jasa pariwisata. 

 

Dalam pertemuan itu, Direktur Standarisasi Kompetensi Kemenparekraf RI Faisal menyambut baik proposal atau permintaan bantuan tersebut, dan berjanji secepatnya akan direalisasikan di tahun 2024. 

Kepala Bidang Kelembagaan dan Kemitraan Dinas Pariwisata Sulbar, Yusuf Anwar mengatakan, Mamuju sebagai ibu kota Provinsi Sulbar yang sangat dekat dengan IKN, tentu banyak peluang yang bisa didapatkan dan diuntungkan di sektor pariwisata.

Menurutnya, dalam memenuhi ketersediaan di setiap destinasi wisata yang ada di Sulbar, maka harus dimulai dari peningkatan SDM.

“Ini agar pelaku usaha jasa pariwisata di Sulbar mampu  menjawab kebutuhan wisatawan yang  akan berkunjung ke Sulbar,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Darmawati Anshar mengatakan, peningkatan SDM pelaku usaha jasa pariwisata memang menjadi salah satu program kerja prioritasnya.

Menurutnya, SDM merupakan syarat yang harus dipenuhi industri jika ingin melakukan transpormasi, termasuk membangun atau mengembangkan destinasi wisata.

(rls/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.