Media Platform Baru Sulawesi Barat

Dukung Cakap Digital, RTIK Sebar 200 Narasumber se Indonesia

0 242

TELEGRAPH.ID, MAMUJU-Pasca diluncurkan, program Literasi Digital yang dikemas dalam seremoni Indonesia Cakap Digital oleh Presiden RI Joko Widodo Kamis (20/5) lalu, Relawan TIK Indonesia tak mau ketinggalan untuk turut ambil bagian berkontribusi terhadap upaya pemerintah pusat dalam mendorong angka melek digital di Indonesia.

Tak butuh waktu lama untuk mengonsolidasi Relawan TIK se Indonesia untuk bersiap diri menyambut program Literasi Digital yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama sejumlah komunitas literasi itu.

Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto dalam rapat terbatas bersama para calon narasumber yang dibentuk oleh Pengurus Pusat RTIK menuturkan, upaya yang dilakukan merupakan bagian dari kontribusi nyata komunitas yang dipimpinnya untuk terus mengabdi pada bangsa dan negara khususnya di sektor literasi digital.

“Sekarang inilah momentumnya. Seluruh Relawan TIK se Indonesia mesti siap untuk menunjukkan bahwa kita hadir untuk rakyat Indonesia. Siap sebagai pengayom dan memberi edukasi pada bidang yang menjadi konsen (digital) kita selama ini,” ujarnya menyemangati ratusan peserta meeting yang digelar Kamis (27/5) malam.

Lebih lanjut pria berkacamata ini mengatakan selama ini RTIK sesungguhnya telah hadir ditengah tengah rakyat Indonesia.

“Tetapi momentum literasi digital ini gaungnya baru terdengar lebih besar dan makin menyemangati sahabat sahabat RTIK. Dan publik mesti tahu kehadiran RTIK bukan hanya sampai pada menjadi narasumber. Tetapi kita hadir untuk mendampingi rakyat Indonesia khususnya pada program literasi digital,” katanya.

Berdasarkan data yang telah dirangkum oleh pengurus pusat RTIK tercatat sebanyak 200 orang calon narasumber.

“200 orang ini akan kita serahkan, akan kita persembahkan kepada negara. Bahwa di RTIK ini kami siapkan narasumber untuk mendukung program literasi digital,” bebernya.

Sementara itu pada forum meeting yang sama, Ketua RTIK Sulawesi Barat, Mihram Rahman mengungkapkan, sejumlah calon narasumber tersebut merupakan anggota dan sebagian sekaligus sebagai pengurus RTIK.

“Mereka tersebar disejumlah daerah yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara untuk latar belakang mereka, kata pria kelahiran Polewali Mandar itu, mereka berasal dari pendidikan dan profesi yang beragam. L

“Ada dosen ada praktisi. Kemudian dari proses seleksi memang dilakukan verifikasi keahlian. Misalnya yang konsen terhadap digital marketing, kita kelompokkan dengan yang memiliki minat yang sama. Sebab kebutuhan literasi digital di Indonesia ini kan beragam kebutuhannya. Misalnya kebutuhan literasi di wilayah Indonesia Barat tentu akan memiliki perbedaan kebutuhan dengan literasi digital yang akan digerakkan di Indonesia Timur,” katanya.

Dijelaskan, Relawan TIK saat ini telah memiliki peta kebutuhan literasi berdasarkan data yang menjadi pantauan RTIK di daerah secara berjenjang.

“Peran Relawan TIK sebenarnya bukan baru kali ini. Sudah lama, jadi tentu teman teman di daerah juga punya data sudah sampai dimana mereka melakukan literasi. Capaiannya seperti apa mereka sudah tahu sehingga hal ini kedepan akan menjadi catatan saat program Literasi Digital yang dicanangkan pemerintah pusat itu pada sisi mana yang harus dilengkapi lagi,” pungkasnya.

Diskominfo Diharap Proaktif

Secara khusus untuk di Sulawesi Barat, Mihram berharap pemerintah daerah secara berjenjang mulai dari provinsi hingga tingkat kabupaten bisa proaktif. Dalam hal ini untuk menjemput program tersebut.

“Daerah kita di Sulbar kita paham masih membutuhkan program seperti ini. Tentu ini kita harapkan dapat menjadi ruang kolaborasi bersama agar daerah ini bisa selangkah lebih maju. Olehnya kita berharap pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Barat bersama jajarannya ditingkat kabupaten bisa lebih proaktif dalam melihat peluang ini. Sebab kita ketahui program ini menjadi bagian dari program yang diprioritaskan oleh pemerintah pusat dan daerah bisa mendapat banyak manfaatnya,” terangnya (RTIK Sulbar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.