Media Platform Baru Sulawesi Barat

Event Pariwisata Sulbar Manakarra Fair Kembali Masuk Kharisma Event Nusantara 2024

0 55

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Event pariwisata unggulan Sulawesi Barat (Sulbar) yakni Manakarra Fair kembali lolos masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024.

KEN Festival dan Peluncuran Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 berlangsung di Taman Mini ndonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

KEN sebagai salah satu program strategis Kemenparekraf mendukung dan mengembangkan event-event di seluruh Indonesia telah sukses terselenggara sejak tahun 2021.

Bahkan pada tahun 2023 KEN memberikan dampak signifikan bagi pergerakan wisatawan nusantara peningkatan ekonomi, dan kebangkitan sektor lapangan kerja.

Melanjutkan kesuksesan tersebut, Kemenparekraf akan telah meluncurkan KEN 2024 bertujuan mempromosikan event-event unggulan di Indonesia, sekaligus mendukung program bangga berwisata di Indonesia yang pada tahun ini dilaksanakan dalam acara KEN Festival.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sulbar, Dra Hj Sariani Lasami, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, Dinas Pariwisata Sulbar telah mengusulkan empat event unggulan dalam Kharisma Event Nusantara 2024.

Kemudian yang masuk tahap kurasi hanya dua, yakni Festival Manakarra Fair dan Festival Sandeq Teluk Mandar.

Namun, setelah melalui tahap kurasi dari tim juri nasional dan internasional hanya satu yang lolos masuk Kharisma Event Nusantara 2024 yaitu Manakarra Fair.

“Festival Manakarra Fair sudah tiga tahun berturut-turut masuk event nasional,” kata Hj Sariani Lasami kepada Tribun-Sulbar.com.

Selain Manakarra Fair, event unggulan lainnya Dinas Pariwisata Sulbar yakni Festival Kota Tua Majene juga sempat dua kali masuk Kharisma Event Nusantara.

Sariani menambahkan, Dinas Pariwisata Sulbar setiap saat selalu mendorong event-event terbaik Sulbar ke tingkat nasional.

“Berharap Sulbar juga dikenal melalui event yang ada, dan bisa mendatangkan banyak pengunjung ke Sulbar,” katanya

Tahun 2024, lanjutnya Sariani, merupakan tahun keempat Sulbar masuk dalam event nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Hj Darmawati menambahkan, pihaknya memang terus berupaya mendorong event-event terbaik dari Sulbar ke tingkat nasional dengan harapan daerah ini semakin dikenal dengan pariwisatanya.

Darmawati menjelaskan, Manakarra Fair telah menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Manakarra Fair terus berkembang, memperkenalkan kekayaan alam dan budaya luar biasa dari wilayah kita kepada para pengunjung.

“Kita bersyukur, tahun ini Manakarra Fair kembali masuk Kharisma Event Nusantara, event ini menjadi wadah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memberi kesempatan kepada para pelaku usaha dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif, seperti melalui pameran UMKM, pertunjukan musik dan kesenian, Live Tenun Sekomandi, Mamuju Pavilion, Food and Beverage Bazaar, dan sebagainya,” jelas Darmawati.

“Tentu saja dukungan dan partisipasi semua pihak sangatlah berarti dalam menjaga budaya dan keindahan alam kita serta mempromosikan pariwisata kita kepada dunia,” sambung kadis yang dikenal memiliki suara merdua itu.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.