Media Platform Baru Sulawesi Barat

Hadapi Pilkada, Segini Anggaran yang Dibutuhkan Bawaslu Mamuju

0 85

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mamuju, mengajukan anggaran ke pemerintah daerah. Dari perhitungan Bawaslu, anggaran yang dibutuhkan untuk pilkada nanti mencapai Rp 13,5 Miliar

Ketua Bawaslu Mamuju Rusdin mengatakan, dengan anggaran segitu, Bawaslu akan mengefektifkan dalam melakukan kegiatan pencegahan pelanggaran, menyasar semua segmen pemilih.

“Kegiatan pencegahan itu berupa sosialisasi, himbauan kemudian pengawasan partisipatif,” ungkap Rusdin. Jumat (28/6/2019).

Selain hal itu, poin penting yang akan dilakukan oleh Bawaslu, kata Rusdin, adalah semua penunjang dalam melakukan penindakan, baik itu penanganan pelanggaran kode etik maupun pidana.

“Kemudian kegiatan penyelesaian sengketa,” paparnya.

Rusdin menegaskan, anggaran yang diusulkan telah melalui dua kali proses asistensi di Bawaslu RI. Untuk upah bagi petugas pengawas yang sifatnya ad hoc diatur oleh Bawaslu RI.

“Cuma penekanannya itu bahwa honorarium itu harus disamakan di semua kabupaten, makanya kemarin itu honorarium ditentukan langsung oleh Bawaslu RI,” tuturnya.

(Bos/Ipenk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.