Media Platform Baru Sulawesi Barat

Hari Peratma Operasi Keselamatan, Satgas Gakkum Polda Sulbar Maksimalkan Penindakan

0 69

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Mamasuki hari pertama pelaksanaan operasi keselamatan Marano 2024, Satgas Gakkum Ditlantas Polda Sulbar langsung memaksimalkan kegiatan penindakan kepada para pengendara yang tidak tertib saat berlalu lintas khususnya di wilayah Mamuju, Senin (4/3/24).

Terlihat di wilayah titik rawan terjadinya pelanggaran lalu lintas dan daerah rawan terjadi nya kecelakaan, Satgas Gakkum yang dipimpin oleh Aipda Ronald Satuan PJR Ditlantas Polda Sulbar memberhentikan setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat ke atas.

Selamat siang pak, maaf mengganggu perjalanannya kami sedang melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi keselamatan bisa tunjukkan SIM dan STNKnya, tutur lembut sapa para petugas saat memberhentikan pengendara.

Dirlantas Polda Sulbar Kombes Pol Valentinus Asmoro mengatakan kegiatan ini merupakan upaya Polri untuk mengedukasi masyarakat guna meningkatkan di siplin berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas serta pelanggaran lalu lintas.

Lanjut dikatakan, dalam kegiatan ini kami mengedepankan penindakan berupa teguran serta memberikan tindakan tegas dan Humanis berupa TILANG kepada setiap pengemudi yang menjadi atensi penyebab terjadi kecelakaan lalu lintas .

Ada 11 jenis pelanggaran yang menjadi prioritas utama dalam operasi kali ini antara lain :

1. Tidak menggunakan Helm SNI / Safety Belt.
2. Berkendara menggunakan ponsel
3. Pengemudi di bawah umur
4. Berboncengan motor lebih dari satu
5. Berkendara dlm pengaruh alkohol
6. Melawan arus
7. Melebihi batas kecepatan / balapan liar
8. Kendaraan Over load dan Over dimensi
9. Menggunakan knalpot Brong
10. Kendaraan yg menggunakan strrobo dan sirine
11. Kendaraan yg menggunakan Plat Khusus / rahasia.

Dalam pelaksanaan operasi tersebut, sebanyak 40 pengendara diberikan teguran karena melakukan pelanggaran yang masi bisa ditolerir sementara ada tiga kendara harus di tilang karena melanggar 11 sasaran pokok operasi

Dikesempatan yang sama, Dirlantas juga berharap melalui kegiatan hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam berlalu lintas, sehingga dapat menciptakan lingkungan lalu lintas yg aman, tertib dan lancar.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.