Media Platform Baru Sulawesi Barat

IAI DDI Polman Gelar Workshop Trik Publikasi, Dosen Dituntut Giat Lakukan Penelitian

0 319

TELEGRAPH.ID, POLMAN – Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar mengelar Workshop Trik Publikasi Nasional dan Internasional Bereputasi.

Workshop ini diikuti oleh sejumlah dosen dari berbagai program studi di IAI DDI Polman. Kegiatan sendiri bertempat di Aula kampus IAI, Kelurahan Manding, Kecamatan Polewali, Polman.

Kegiatan workshop ini menghadirkan Kepala Unit Pengelolaan Jurnal dan Publikasi Unsulbar Muhammad Aswad.

Ketua LPPM IAI DDI Polman, DR. Qadriani Arifuddin menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong agar para dosen meningkatkan kompetensi dan kapasistas dalam hal publikasi.

Selain memberikan pemahaman tentang perlunya menulis pada jurnal bagi pengembangan ilmu pengetahuan, workshop ini juga memberikan tips dan trik bagi dosen untuk menembus jurnal-jurnal bereputasi tinggi.

“Memberikan peningkatan serta pemahaman kepada dosen mengenai karya tulis ilmiah sesuai karakter yang bereputasi nasional  dan internasional, dengan peningkatan penelitian dan publikasi karya ilmiah yang diadakan tersebut menjadi pencerahan untuk teman-teman dosen, untuk lebih giat lagi meneliti,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor IAI DDI Polewali Mandar, DR. H. Anwar Sewang mendukung kegiatan yang digelar oleh pihak panitia pelaksana dan LPPM itu. Sebab menurutnya, dengan adanya workshop ini dapat memberikan pemahaman serta motivasi kepada para dosen lebih bergairah untuk melakukan penelitian.

“Sebab dosen tidak bisa mengembangkan karirnya tanpa adanya sebuah karya yang dihasilkan oleh dosen itu sendiri,” terangnya.

Ia menegaskan bahwa workshop tersebut merupakan indikator berlangsungnya tri darma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Salah seorang peserta DR. Muchtar mengatakan, kegiatan ini memberikan dampak positif secara signifikan.

“Saya mengharapkan dengan adanya kegiatan yang diadakan panitia dan LPPM IAI DDI Polman dapat memberikan semangat baru kepada seluruh dosen untuk membuat karya tulis karena ini akan berdampak pada sisi akreditasi maupun bagaimana dosen memperlihatkan kemampuan sebagai akademisi,” tuturnya.

(Rls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.