Media Platform Baru Sulawesi Barat

Mantapkan Pengamanan TPS Pemilu 2024, Polda Sulbar Gelar Simulasi

0 33

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Untuk memantapkan pengamanan pada puncak pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 Februari mendatang, Kepolisian daerah Sulawesi Barat menggelar simulasi pencoblosan dan perhitungan surat suara Pemilu 2024.

Lapangan Tribrata Mapolda yang menjadi pusat kegiatan simulasi nampak disaksikan langsung oleh Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar beserta para pejabat utama lainnya dan seluruh personel untuk memberikan gambaran riil dilapangan sehingga pengamanan kedepan lebih maksimal, Senin (5/2/24).

Tak hanya itu, seluruh tahapan di TPS betul-betul di peragakan oleh tim KPPS yang telah sah dilantik oleh KPU dibantu pengamanan dari Linmas dan pantau petugas Polri di lokasi TPS dengan menampakkan kondisi stabil dan kurang stabil saat pemilihan sehingga personel dapat mengambil tindakan respons cepat terhadap situasi krisis dan pemahaman terkait protokol keamanan yang telah ditetapkan.

Kabid Humas Kombes Pol Slamet Wahyudi Dikesempatan yang sama menyebutkan kegiatan ini untuk menggambarkan keadaan TPS sehingga seluruh personel dapat mengerti dan paham tindakan apa yang dilakukan saat dilapangan nantinya.

Simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), lanjut Kabid Humas juga dilakukan untuk menguji dan memastikan efektivitas langkah-langkah keamanan yang telah ditetapkan. Ini mencakup penerapan protokol keamanan, identifikasi risiko potensial, dan pelatihan petugas keamanan.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa strategi yang bisa menjadi acuan untuk memantapkan pengamanan. Pertama, tim pengamanan harus mengidentifikasi potensi risiko seperti kerumunan besar, ancaman keamanan, atau gangguan teknis.

Kedua, langkah-langkah praktis seperti penempatan pos-pos pengamanan, pemeriksaan identitas, dan koordinasi dengan kepolisian setempat perlu dipertimbangkan dan diuji.

Ketiga, pelibatan petugas TPS dalam simulasi penting untuk memastikan pemahaman mereka terhadap peran dan tanggung jawab keamanan.

Setelah simulasi selesai, dilakukan evaluasi menyeluruh untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau peningkatan. Hasil dari simulasi ini menjadi dasar untuk menyempurnakan rencana keamanan dan meningkatkan kesiapan TPS saat hari pemilihan mendatang.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.