Media Platform Baru Sulawesi Barat

Menengok Kesiapan Festival Maradika Mamuju

0 111

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Festival Maradika Mamuju sudah didepan mata. Acara yang rencananya dihadiri ratusan raja se Nusantara itu akan berlangsung dari tanggal 16 sampai 19 Desember 2019.

Sejumlah persiapan telah dilakukan panitia pelaksana termasuk memastikan masyarakat Mamuju bisa terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

Ketua panitia pelaksana Irwan SP Pababari mengaku, telah melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah kepala desa, lurah dan kecamatan untuk membicarakan hal itu.

“Mereka harus menjadi tuan rumah yang baik, katakanlah kalau ada tamu minta tolong numpang apa, atau bertanya dimana pasar, dimana mesjid. Mereka bisa memberikan informasi yang sebenarnya dan ramah karena kita akan tunjukkan sebagai tuan rumah yang baik,” katanya. Selasa (10/12/2019).

Pria yang juga Wakil Bupati Mamuju itu mengatakan, sejauh ini lebih dari seratus kerajaan sudah menyatakan kesiapan untuk hadir dan tiga hari jelang kegiatan akan diketahui jumlah pasti tamu yang bakal hadir.

Untuk kegiatan kata Irwan, sejumlah pagelaran seni dari berbagai kerajaan akan ditampilkan yang akan digelar di tiga tempat yaitu destinasi wisata Pulo Karampuang, Rumah Adat dan Anjungan Pantai Manakarra.

“Kami ada agenda wisata ke Pulo Karampuang dengan pertimbangan jarak tempuh yang dekat dan waktu yang terpakai tidak banyak terbuang untuk prosesi pulang perginya sehingga full kita bisa laksanakan semua,” tuturnya.

Irwan menambahkan, sejauh ini beberapa pihak kerjaan sudah memastikan untuk menampilkan pagelaran seni, seperti kerajaan Badung – Bali, Kerajaan Gowa dan Kerajaan dari kabupaten Majene.

Sementara itu, Sekertaris Panitia Usdi mengatakan, seluruh persiapan sudah mencapai 100 persen. Mulai hari ini seluruh panggung berikut peralatan pentas mulai dikerjakan.

“Panggung untuk di rumah adat tempat prosesi Massosor Manurung ini hari rencananya mulai dikerjakan, termasuk kesiapan di Anjungan Pantai Manakarra tempat pameran dan pasar budaya,” kata Usdi yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju itu.

Tak hanya itu, Usdi menyebut akomodasi para tamu sudah siap, meskipun tidak merinci jumlah pasti, tapi ratusan kamar hotel sudah dipesan.

“Seluruh kamar hotel di Matos sudah dan sebagian akan nginap di Grand Maleo, begitu juga hotel – hotel lain,” ungkapnya.

Usdi juga mengaku, sudah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan, untuk menjaga kondusifitas selama kegiatan itu berlangsung.

“Kapolda sangat menyambut baik kegiatan kita ini,” pungkasnya.

(ILU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.