Media Platform Baru Sulawesi Barat

Mobil Damkar Mamuju Masih Warisan Bupati Sebelumnya

0 168

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Kondisi mobil pemadam kebakaran di Kabupaten Mamuju cukup memperihatinkan. Kini, hanya ada empat mobil damkar yang beroperasi. Meski begitu, kondisinya sudah tua dan sering harus mendapatkan perawatan ekstra.

“Yang siap sekarang itu tiga penembak satu tangki, jadi empat untuk yang sekarang. Tidak diminta-minta ada kebakaran sebentar ini hanya duaji, karena dibenahi ini yang besar karena sepulang dari kebakaran besar kemarin itu tali persenelingnya putus jadi sementara dikerja, paling dua harian,” tutur Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Idham Kholid. Jumat (11/9/2020).

Idham mengatakan, mobil damkar yang beroperasi sudah cukup berumur, mobil paling baru tahun 2013. Mobil Damkar saat ini masih ada peninggalan Bupati Mamuju ke 7 Brigjen (Purn) H. Djuritno, Untuk mobil yang baru masih peninggalan Bupati Mamuju Suhardi Duka (SDK) di beli tahun 2013.

“Paling baru itu 2013 tujuh tahun. Eranya SDK,” ungkapnya.

“Yang masih berfungsi itu (mobil) era pak Almalik ini 01 dengan eranya pak Nurhadi satu, kalau eranya pak SDK masih ada satu,” ungkapnya.

Idham bilang, usulan pengadaan unit baru sudah diajukan oleh pihak Damkar Mamuju untuk diakomodir dalam struktur penganggaran APBD. Namun karena refocusing Anggara akibat pandemi Covid-19 akhirnya tertunda.

“Pernah pengusulan tapi tiba-tiba Corona, kita terhalang,” ungkapnya.

Kata Idham, mobil Damkar beroperasi untuk wilayah kota Mamuju atau hanya menjangkau tujuh kilometer terhitung dari posko di Kantor Dinas PP dan Pemadam Kebakaran di Kelurahan Karema, Mamuju. Namun, jika terjadi kebakaran hebat di luar zonasi tadi mobil dapat kesana untuk memadamkan api.

“Walaupun bukan SOP kami kesana, tapi kalau agak parah kita kesana, artinya masih bisa didapat kami kesana,” ujarnya.

Meski dengan kondisi tersebut, kata Idham, Damkar Mamuju masih akan selalu maksimal dalam memadamkan api, bahkan membantu pengerjaan yang dilakukan pemerintah dan masyarakat umum.

“Jadi pemadam itu bukan hanya memadamkan api tapi membantu juga masyarakat,” pungkasnya.

(ILU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.