Media Platform Baru Sulawesi Barat

Pemprov Sulbar Launching Gerakan Sejuta Tanam Cabai di Kalukku Mamuju

0 31

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Pj Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh didampingi Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Sulbar Ninuk Triyanti Zudan  melakukan Launching Program Gerakan Sejuta Tanam Cabai di Desa Sondoang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Sabtu ,6 Januari 2024

Turut hadir perwakilan Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Sulbar, dan Dinas Perkebunan Sulbar, dan Dinas Tanaman Pangan Pemkab Mamuju serta masyarakat Desa Sondoang. 

PJ Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, gerakan sejuta tanam cabai ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo, dalam rangka pengendalian inflasi di daerah. 

Diketahui Cabai dan bawang adalah komoditas penyumbang inflasi di provinsi Sulbar. Untuk itu dengan adanya perhatian pemerintah pusat memberikan bantuan dana insentif, Pemprov Sulbar melakukan gerakan sejuta tanam cabai dengan menyasar enam kabupaten. Pembagian bibit cabai ini dilakukan secara bertahap. 

“Pembagian bibit ini sudah berjalan sejak bulan lalu, dan tidak bisa sekaligus. Sukses selalu mari kita sukseskan gerakan tanam cabe kita ini,” ucap Prof. Zudan. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Sulbar Muhtar menyampaikan, berdasarkan pantauan di pasar  harga cabai hari ini masih di atas Rp50.000, olehnya dengan Gerakan Sejuta Tanam Cabai yang diinisiasi PJ Gubernur dapat menurunkan harga cabai. 

“Mudah-mudahan dengan gerakan ini meskipun tidak berpengaruh secara cepat tapi insya Allah dua bulan yang akan datang harga cabai bisa kita turunkan di bawah harga yang normal,” ungkapnya.  (rls/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.