Media Platform Baru Sulawesi Barat

Utamakan Pencegahan Ketimbang Penindakan, Kajati Sulbar: Tidak Boleh Cari-cari Masalah

0 40

TELEGRAPH.ID, MAMUJU – Kepala Kejaksaan Tinggi Sulbar Darmawel Aswar menegaskan, kerja kejaksaan saat ini fokus kepada pencegahan ketimbang penindakan kasus korupsi.

Hal itu disampaikan saat coffee morning dengan sejumlah wartawan di Eat & Joy Cafe, Mamuju. Jumat, (10/1/2020).

“Pesan Pak Presiden waktu di Sentul, jangan suka ‘menggigit’ gitu katanya, maksudnya itu belum apa-apa orang di. Padahal belum apa-apa,” katanya.

“Itu pesan bapak Presiden waktu itu, kami menangkap sinyal itu bahwasanya kita tidak boleh cari-cari masalah, tapi bagaimana caranya supaya ini sebelum menjadi masalah sudah bisa dicegah duluan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Darmawel menerangkan, mimpi untuk mengurangi tindak korupsi bisa diwujudkan, salah satunya dengan melakukan pencegahan.

“Dan Jaksa Agung kami menyatakan, kami tidak menargetkan (penanganan) kasus korupsi supaya banyak di provinsi itu, kabupaten itu. Itu bukan lagi tujuan kejaksaan tapi tujuannya adalah bisa ndak pimpinan di daerah itu apakah itu Kajati, Kajari membuat tidak pidana korupsi menjadi zero,” tuturnya.

Meski sulit untuk mewujudkan hal tersebut, namun kata Darmawel yang paling mungkin saat ini adalah mengurangi potensi terjadinya korupsi secara signifikan.

“Kalau tadinya kita lihat mungkin terjadi sepuluh kasus selama ini, misalnya menjadi dua, itu terlihat signifikan,” katanya.

(ILU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.