Media Platform Baru Sulawesi Barat

Kemendes PDTT RI Bakal Naikkan Gaji PLD

0 55

TELEGRAPH.ID, KENDARI – Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggan dan Transmigrasi (PDTT) RI, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, pahlawan yang sesungguhnya memajukan pembangunan Indonesia pada tingkat basis adalah pendamping desa.

Menurut Eko, pada dirinya pendamping desa, desa-desa di Indonesia kemudian maju dan berkembangn yang ditandai dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita semua mengapresiasi geliat dan kerja keras pada pendamping desa selama ini. Sejak dimulai dana desa tahun 2015 sampai sekarang ini, sudah sangat banyak kemajuan-kemajuan yang telah dicapai di desa yang telah memberi warna kemajuan pembangunan bangsa dan negara,”ungkap Eko pada gelaran Sosialisasi Dana Desa Tahun 2019 di Hotel Clario, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dihadapan ribuan pendamping desa.

Kedatangan Mendes dan PDTT-RI di Sulawesi Tenggara turut dalam rombongan, Dirjen PPMD Taufik Madjid, Direktur PMD Fachri Lalabato, Kasubdit PMD Nursaid, Tim Leader P3MD Pusat Nikoyo. Didamping Sekda Pemprov Sultra mewakili Gubernur Sultra, Kadis DPMD Sultra Tasman Taewa dan Korprop P3MD-PID Sultra La Ode Syahruddin Kaeba.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan kinerja pendamping yang lebih kuat ke depan disamping adalah bentuk penghargaan pemerintah kepada pendamping adalah, upaya tahun ini untuk menaikkan gaji para pendamping desa.

“Pemerintah sangat mengapresiasi kerja-kerja pendamping desa selama ini. Apalagi memang kita diterpa issu-issu yang tidak mempercayai capaian hasil-hasil dana desa. Olehnya itu, mulai Februari 2019 ini gaji pendamping lokal desa (PLD) sudah dipastikan naik, namun diterimanya nanti dirapel bulan-bulan mendatang,”ungkapnya yang disambut pikuk gembira para pendamping desa.

Pernyataan Mendes ini juga diiringi teriakan pendamping desa pada level kecamatan, PDP dan PDTI. “Kami juga Pak Menteri. Gaji kami PDP dan PDTI dinaikkan juga,” pinta para peserta.

Permintaan ini juga mendapat sambutan gembira langsung dari Mendes. “Ya, kami juga sudah memikirkan itu, dan akan terus dipertimbangkan sambil melihat regulasi,” tambahnya. Dikatakan, naiknya gaji PLD memang karena perintah atas kebijakan Presiden Jokowi.

Menurutnya, pembangunan di desa, diantaranya adalah pembangunan infrastruktur desa, seperti jalan usaha tani, jembatan, embung desa, yang semuanya demi memperlancar arus produksi dari desa ke kota, ternyata dianggap adalah informasi atau data yang diragukan kebenarannya.

“Untuk itu, semua pendamping desa, harus mampu membuktikan bahwa selama ini memang kerja-kerjanya ada hasilnya, jalan-jalan yang dibangun melalui Dana Desa sudah tersambung antardesa. Dan salah satunya adalah publikasi melalui media sosial. Untuk membuktikan bahwa data ini bukan hoaks yang sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu,” himbau Eko Putro Sandjojo.

“Jadi Kemendes PDTT-RI tinggal menjalankan perintah Presiden Jokowi. Karena semua ini memang adalah atas kebijakan strategis yang telah dibuktikan oleh kemimpinan Jokowi,”tuturnya.

(luk/red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.