Media Platform Baru Sulawesi Barat

Pemprov Sulbar Raih Penghargaan Perkebunan, Waris: Kita Diharapkan Meningkatkan Produksi Ekspor

0 96

TELEGRAPH.ID, MALANG – Wakil Gubernur Enny Anggraeni Anwar menghadiri Peringatan Hari Perkebunan ke-62 tahun 2019 di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian, Malang, Jawa Timur, Selasa, (10/12/2019).

Pada kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan dari Kementrian Pertanian Dirjen Perkebunan kepada Pemprov Sulbar yang diterima oleh Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar atas momitmen terhadap pengembangan hilirisasi dan kewirausahaan bidang perkebunan.

Sekedar diketahui, hari perkebunan adalah hari bersyukur, hari berbagi, dan hari berbakti masyarakat perkebunan yang bertujuan untuk menanamkan arah pengembangan perkebunan masyarakat berorientasi pada pembangunan yang berkelanjutan, meningkatkan peran perkebunan sebagai pemacu dan penggerak ekonomi masyarakat dan daerah.

Hari perkebunan juga diharapkan menumbuhkan kepedulian terhadap masalah-masalah terhadap pembangunan ekonomi nasional, mengaktualisasikan dukungan dan partisipasi perkebunan dalam mendukung pencapaian pembangunan pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan pekebun melalui peningkatan produksi dan ekspor komoditas perkebunan.

Kepala Dinas Perkebunan Sulbar Abdul Waris Bestari kegiatan yang mengusung tema “Korporasi Perkebunan Rakyat Untuk Kesejahteraan Pekebun diharapkan agar terbangun korporasi perkebunan rakyat untuk kesejahteraan pekebun, serta mendukung percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia.

“Dengan adanya penghargaan ini kita diarahkan agar meningkatkan produksi ekspor tiga kali lipat, tentunya ini menjadi tantangan kita semua agar bisa memenuhi itu,” kata Waris seusai mendampingi Wagub Sulbar Enny Anggraeni Anwar menerima penghargaan tersebut.

Waris menambahkan, Dinas Perkebunan Sulbar diharapkan membangun sinergitas dengan para petani yang ada di Sulbar, sehingga bisa saling membantu dalam mengembangkan produksi perkebunan.

“Kita akan terus memberikan sarana produksi yang baik kepada para petani, terutama pupuk kepada pengelola komoditi agar bisa meningkatkan pertaniannya,” ujarnya.

Meski begitu, Waris mengatakan, semua pihak turut andil dalam pengembangan produksi pertanian yang dimiliki Sulbar, sehingga bisa mencapai target yang ingin dicapai.

“Kita berharap Sulbar bisa mengekspor komoditas pertanian lebih banyak lagi kedepan, sehingga perekonomian para petani bisa semakin meningkat dan sejahtera,” pungkasnya..

(HB/ILU)

Leave A Reply

Your email address will not be published.